Tertangkap Kamera: Panas Ekstrim Bikin Jalan Aspal di India Meleleh!

Hari-hari terpanas di India

India hingga saat ini masih mengalami hari-hari terpanas. Bahkan hingga kini suhu di India sudah mencapai 51 derajat Celcius. Bahkan saking panasnya suhu di India ini, aspal di Gujarat pun tak tahan dan akhirnya meleleh. Warga pun jadi kesulitan melintasinya.

Dilansir Huffington Post, aspal di kota Valsad, negara bagian Gujarat, ini meleleh saat suhu mencapai 36 derajat Celcius. Warga terlihat sulit menyeberang jalan karena alas kaki mereka lengket di aspal yang menjadi lembek. Sandal-sandal jepit pun terbengkalai di jalan karena menempel dengan aspal dan sulit dicabut. Seorang wanita bahkan terjatuh lantaran kakinya berat terangkat dari aspal.

 

Video ini menunjukkan parahnya suhu di India tahun ini. Pada hari Jumat lalu saja temperatur di barat India bahkan melampaui 50 derajat Celcius. Rekor terpanas juga tercatat di kota Phalodi, negara bagian Rajashtan, yaitu mencapai 51 derajat Celcius. Suhu ini mengalahkan suhu yang paling panas sebelumnya di tahun 1956 di kota Alwar.

Tertangkap Kamera: Panas Ekstrim Bikin Jalan Aspal di India Meleleh!Situasi di tahun 2015 - metro.co.uk

Badan meteorologi India memperingatkan gelombang panas sangat berbahaya karena menyebabkan dehidrasi dan heatstroke. Di Indonesia tercatat ratusan orang telah meninggal akibat suhu yang terlalu panas. Tahun ini saja ada 400 petani yang bunuh diri karena tanaman mereka kering dan gagal panen.

Baca Juga: Kemenhub Hukum Lion Air, Lion Air Polisikan Kemenhub: DRAMA!

Tertangkap Kamera: Panas Ekstrim Bikin Jalan Aspal di India Meleleh!aljazeera.com

Sungai, danau dan bendungan pun juga mengering di banyak bagian Rajashtan, Maharashtra dan Gujarat. Bulan Mei dan Juni memang merupakan bulan terpanas dalam setahun di India dengan suhu melebihi 40 derajat celcius. Namun tahun ini, panas di India kian mengganas dengan musim penghujan yang belum juga terlihat tanda-tandanya.

India alami kekeringan panjang.

Tertangkap Kamera: Panas Ekstrim Bikin Jalan Aspal di India Meleleh!dawn.com

Gelombang panas tahun ini menghantam berbarengan dengan saat India tengah berjuang melawan kekeringan yang memengaruhi setidaknya 330 juta orang. Akibat suhu panas ini banyak warga yang tak bisa lagi menjalankan tugas sehari-hari dengan benar. Kondisi tahun ini, menurut warga setempat, adalah yang terburuk sepanjang sejarah India.

Tertangkap Kamera: Panas Ekstrim Bikin Jalan Aspal di India Meleleh!abcnews.go.com

Biasanya bulan Mei ini hujan lebat sudah turun, akan tetapi kali hujan tak juga kunjung tiba. Angin panas yang bertiup dari Afganistan dan Pakistan diduga menjadi pemicu suhu ekstrem tersebut. Suhu tersebut diprediksi akan menurun pekan ini dengan munculnya awan serta hujan ringan. Namun, suhu tinggi ini masih tidak pergi juga.

Baca Juga: Pelukan Erat Paus dan Imam Besar Al-Azhar Membawa Angin Segar bagi Perdamaian.

Topik:

Berita Terkini Lainnya