Anak 18 Tahun Ini Tuntut Orang Tuanya Karena Unggah Foto Masa Kecil di Facebook

Upload foto ternyata tak selamanya berakhir menyenangkan...

Orang tua mana yang tak bangga ketika dapat menunjukkan momen-momen atau foto penting kehidupan bayinya. Pasti banyak dari mereka yang ingin memamerkannya kepada orang lain. Namun, dilansir Daily Mail, (16/9), kebiasaan ini tidak terasa menyenangkan lagi bagi orang tua di Carinthia selatan, Austria.

Anak 18 Tahun Ini Tuntut Orang Tuanya Karena Unggah Foto Masa Kecil di Facebookilustrasi: thenextweb.com

Seorang remaja perempuan 18 tahun menggugat orang tua kandungnya sendiri ke pengadilan. Hal ini terjadi lantaran foto-foto dirinya ketika masih bayi hingga kanak-kanak yang ada pada akun Facebook orang tuanya. Dan ini dianggap telah mempermalukan dirinya.

Baca Juga: Hal-hal yang Gak Diketahui Ibu Muda Soal Memajang Foto Anak Mereka di Media Sosial​

Sang anak merasa tersiksa sejak 2009.

Anak 18 Tahun Ini Tuntut Orang Tuanya Karena Unggah Foto Masa Kecil di Facebookilustrasi: dailydot.com

Sejak 2009, si anak mengaku hidupnya tersiksa karena foto-foto yang diposting terus-menerus itu. Menurut Michael Rami, pengacara sang anak, orang tuanya telah mengunggah 500 gambar si anak pada akun Facebook mereka tanpa seizin anaknya.

Gambar-gambar itu termasuk foto-foto memalukan dan intim si anak semasa kanak-kanak. Salah satunya adalah foto saat sedang ganti popok atau ketika latihan buang air di toilet.

Sang anak mengklaim bahwa melakukan hal yang memalukan ada batasannya juga. Jadi dia tidak peduli jika menggugat orang tuanya gara-gara memposting gambar dirinya sedang duduk di toilet atau berbaring bugil di tempat tidur, lalu mereka sebarkan ke publik.

Foto sang anak dilihat lebih dari 700 orang teman Facebook-nya.

Anak 18 Tahun Ini Tuntut Orang Tuanya Karena Unggah Foto Masa Kecil di Facebookilustrasi: dailymail.co.uk

Foto-foto itu pun dapat dilihat oleh 700 teman-teman Facebook orang tua si anak. Karena permintaannya agar orang tua menghapus foto-foto itu ditolak, si anak pun menggugat secara hukum. Dia mengatakan sangat capek karena tidak dianggap secara serius oleh orang tuanya. Sang ayah memiliki keyakinan karena dia yang memotret, dia memiliki hak untuk mempublikasikan foto-foto itu.

Pengacaranya, Rami yakin jika dapat dibuktikan bahwa foto-foto itu telah melanggar hak kehidupan pribadi, orang tua si anak dapat kalah di pengadilan. Ini merupakan kasus pertama di Austria. Namun, dia mengatakan, berdasarkan kasus serupa di luar Austria, orang tua remaja putri itu dapat dikenai sanksi membayar kompensasi finansial atas penderitaan si anak, juga dapat dikenai sanksi hukum.

Sidang kasus ini akan digelar pada November mendatang. Sebetulnya dibanding negara Eropa lainnya, hukum privasi Austria tidak terlalu ketat. Prancis, misalnya, dapat menghukum siapa pun, termasuk orang tua yang mengunggah foto tanpa izin. Para pelaku terancam hukuman satu tahun penjara dan denda hingga 45 ribu euro.

Baca Juga: 9 Hal Logis yang HARUS Dipikirkan Sebelum Posting Foto Mesra Bareng Pacar di Instagram!

Topik:

Berita Terkini Lainnya