11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di Bali

Pembukaan R20 disambut hujan

Bali, IDN Times - Forum Keagamaan G20 Religion of Twenty (R20) berkomitmen membawa misi agama menjadi solusi untuk perdamaian dan permasalahan dunia. Forum yang dihadiri tokoh agama dan sekte ini mengundang pembicara ddari dalam dan luar negeri ini digelar di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, 2-3 November 2022.

Forum yang melibatkan lebih dari 100 tokoh agama dan sekte ini, telah dibuka Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu, 2 November 2022. Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir langsung saat pembukaan kemarin.

Berikut fakta-fakta unik di balik penyelenggaraan forum keagamaan yang pertama digelar ini.

Baca Juga: Sekjen Liga Muslim Dunia Berharap Forum R20 Bawa Perdamaian Dunia

1. R20 disambut hujan deras

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di BaliTokoh agama dunia saat menghadiri pembukaan forum R20 di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022) (Dok. LTN PBNU/Suwitno)

Beberapa menit menjelang pembukaan forum R20 pada pukul 09.00 Wita, hujan deras mengguyur wilayah Nusa Dua, Bali, yang menjadi lokasi berlangsungnya R20. Namun, hujan tidak berlangsung tidak terlalu lama, sekitar 30 menit.

Kendati, hujan tidak mengganggu kelancaran acara forum tokoh agama dan sekte ini. Hujan justru membawa kesejukan di sekitar venue forum R20 di Ballroom Grand Hyatt.

2. Pembukaan dengan rebana tamborin dan tari Aceh

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di BaliSejumlah tokoh membuka Forum R20 secara simbolis dengan memukul rebana. (Dok. LTN PBNU)

Pembukaan R20 ditandai dengan penabuhan rebana tamborin yang dilakukan sejumlah tokoh di atas panggung, usai Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan sambutannya.

Mereka yang tampil di atas panggung utama tersebut antara lain Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syekh Mohammed Al-Issa, dan Wakil Presiden Indonesia 2004-2009 dan 2014-2019 H Jusuf Kalla.

Sebelumnya, sejumlah pelajar juga menampilkan tarian Saman dari Aceh untuk menyambut seluruh tamu undangan. Dua puluh remaja putri tampil memukau di atas panggung utama forum R20.

Baca Juga: Gus Yahya Terima Cenderamata Kitab Suci Mormon di Forum R20

3. Ketua Umum PBNU dapat cendera mata kitab suci Mormon

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di BaliKetua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf, menerima kunjungan Rob Howell, salah satu pemimpin The Church of Latter-day Saints atau biasa dikenal dengan Mormon, di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022) sore. (Dok. LTN PBNU/Suwitno)

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf, menerima kunjungan Rob Howell, salah satu pemimpin The Church of Latter-day Saints atau biasa dikenal dengan Mormon, di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022) sore.

Dalam kunjungan singkat yang berlangsung di sela padatnya rangkaian acara Forum Religion Twenty (R20) tersebut, Gus Yahya menerima cenderamata berupa kitab suci Mormon. Tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, yang turut mendampingi Gus Yahya dalam pertemuan terbatas tersebut, juga mendapat cenderamata berupa miniatur geraja Mormon.

4. Sebanyak 50 anggota Banser Bali kawal pelaksanaan R20

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di BaliKetua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf dikawan anggota Banser Bali di sela acara forum R20. (Dok. LTN PBNU/Suwitno)

Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser, Hasan Basri Sagala, mengerahkan sedikitnya 50 personelnya untuk membantu pengamanan forum R20 di Nusa Dua, Bali. Personel Banser yang diterjunkan semuanya berasal dari Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Banser Provinsi Bali.

Menurut Hasan Basri, keterlibatan Banser di acara ini merupakan perintah langsung dari Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf. Selain Banser, Gus Yahya juga meminta untuk melibatkan Pecalang, satuan keamanan adat Bali.

"Tentu kami juga bekerja sama dengan pihak keamanan internal, dari pihak EO, polisi dan TNI, dan juga sesuai dengan arahan Gus Yahya diminta juga dari Pecalang yang ada di sini," kata Hasan Basri ditemui di arena Forum R20, Rabu (2/11/2022).

Sementara itu, Ketua PW GP Ansor Bali, l H Yunus Naim, mengatakan anggota Banser yang dilibatkan pengamanan R20 sudah melakukan pengamanan sejak 31 Oktober 2022.

"Sahabat-sahabat Banser melakukan pengamanan dari sebelum acara, mereka ditempatkan di beberapa titik, seperti Grand Hyatt sebagai lokasi utama, Westin, Puja Mandala, dan Uluwatu, tapi konsentrasi pasukan berada di Grand Hyatt,” ujar dia.

Selain pengamanan di Bali, Banser juga akan membantu pengamanan di Yogyakarta pada 5-6 November 2022. Kegiatan di Yogyakarta merupakan rangkaian dari R20, di mana para delegasi akan mengunjungi Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan Keraton Yogyakarta.

5. Tokoh agama hadir dengan pakaian khasnya masing-masing

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di BaliDirector OHR Torah Stone, Rabbi Dr. Yakov Nagen [kiri] saat berbincang dengan delegasi Liga Muslim Dunia di sela Forum R20, Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022). (IDN Times/Rochmanudin)

Dari pantauan IDN Times di lokasi acara, tokoh agama dan sekte yang menghadiri acara R20 memakai pakaian khas mereka masing-masing. Seperti pengurus PBNU hadir memakai peci hitam, tokoh Buda memakai jubah Kasaya, tokoh muslim dari Timur Tengah memakai jubah Bisht dilengkapi sorban Kufiya.

Begitu juga perwakilan dari Vatikan juga memakai jubah berikut peci Camauro, rabbi dari komunitas Yahudi memakai topi Kippah. Ada juga umat Kristiani Ortodoks yang memakai jubah hitam serta penutup kepala, dan tokoh Hindu India memakai jubah kuning ala Mahatma Gandhi, dan masih banyak lagi.

6. Lima menteri hadir saat pembukaan R20

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di Bali

Sejumlah menteri menghadiri pembukaan forum R20, antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Meski demikian, Presiden Jokowi tidak bisa hadir langsung pada saat membuka acara global ini. Jokow hadir secara virtual, karena harus mempersiapkan untuk forum KTT G20 yang beberapa hari lagi akan berlangsung di Bali.

7. PBNU beri santunan kepada rumah ibadah di Bali

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di BaliYenny Wahid saat penyerahan bantuan di halaman dalam Pura Jagatnatha kawasan Puja Mandala Nusa Dua, Bali, Selasa (1/11/2022). (Dok. NU Online/Abdul Karim Abraham)

Sehari jelang pembukaan G20 Religion Forum (R20), enam rumah ibadah di Bali mendapat bantuan berupa uang tunai. Kegiatan ini merupaan bagian dari rangkaian agenda R20.

Penyerahan bantuan dilakukan Zannuba Arifa Chafsoh atau akrab disapa Yenny Wahid di halaman dalam Pura Jagatnatha, kawasan Puja Mandala Nusa Dua, Bali, Selasa (1/11/2022). Yenny hadir mewakili Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya.

Enam tempat ibadah yang mendapat bantuan adalah Pura Jagatnatha Puja Mandala, Mushala An-Nahdlah, Gereja Protestan Prebiteri Indonesia Jemaat Knowon, Mushala Al-Hidayah Kampung Lebah, Pura Agung Jagatnatha Denpasar, dan Masjid Nurul Huda. Keenam tempat ibadah tersebut masing-masing menerima bantuan Rp50 juta.

8. Nuansa tradisi Bali hiasi venue

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di BaliMenteri Agama (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas, saat memberikan sambutan pada acara Forum R20 di Bali, Rabu (2/11/2022). (Dok. LTN/Huda Sabili)

Kurang lengkap rasanya jika acara R20 digelar di Bali tanpa nuansa tradisional khas Pulau Dewata. Karena itu, di lokasi penyelenggaraan acara forum agama ini dihiasi berbagai ornamen khas Bali di berbagai venue dan sudut ruangan.

Ornamen khas Bali tersebut berupa hiasan janur kuning yang ditempatkan di sudut-sudut ruangan, kain Poleng khas Bali yang biasa digunakan penjaga umat Hindu Pencalang, hingga bunga Kamboja yang dipakai panitia penyelenggara.

9. Ketua Umum PBNU minta izin masyarakat Bali

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di BaliKetua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf menemui Sekretaris dan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali untuk bersilaturahmi dan membicarakan  forum R20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (28/10/2022). (Dok. TVNU/Rizki)

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf, sempat memohon izin kepada masyarakat Bali menjelang Pelaksanaan Forum Religion Twenty (R20) di Pulau Dewata.

Karena itu, KH Yahya beserta panitia pelaksana Forum R20 sudah tiba di Bali pada Jumat, 28 Oktober 2022. Kedatangan Gus Yahya, sapaan akrab KH Yahya, lebih awal dari agenda R20 yang akan dilaksanakan pada 2-3 November 2022.

Ada tiga agenda Gus Yahya beserta rombongan pada hari pertama itu. Pertama, bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster, dan Kapolda Bali pada pukul 14.00 Wita.

Pertemuan kedua silaturahmi dengan Pengurus Cabang NU se-Bali yang bertempat di Gedung PWNU Bali pada pukul 17.00 Wita. Lalu, agenda hari pertama ditutup dengan pertemuan bersama Perwakilan Tokoh Adat dan Pemuda pada pukul 20.00 Wita.

10. Ketua Umum DMI bahas detail rencana pembangunan Museum Nabi Muhammad

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di BaliKetua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla bertemu Sekjen Liga Muslim Dunia Syaikh Dr. Muhammad Abdul Karim Al-Issa di Bali, Selasa (1/11/2022).

Di sela-sela acara penyelenggaraan F20, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla bertemu Sekjen Liga Muslim Dunia Syaikh Dr. Muhammad Abdul Karim Al-Issa di Bali, Selasa (1/11/2022), atau sehari jelang forum R20 digelar.

JK yang merupakan Ketua Dewan Pembina Yayasan Sejarah Nabi Muhammad SAW itu menyampaikan apresiasi kepada Liga Muslim Dunia, atas kiprah dan peranannya dalam penyebaran wasatiyyat Islam dan perdamaian dunia.

Selain itu, JK dan Syekh Al-Issa juga secara spesifik membahas pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam yang dibangun di Indonesia.

Syekh Al-Issa menegaskan kembali komitmennya terkait pembangunan museum Islam tersebut. Menurutnya Indonesia merupakan negara yang sangat penting di dunia, berpenduduk muslim terbesar di dunia. Dia menebutkan dalam waktu dekat pembangunan museum akan segera dimulai.

Baca Juga: Ini Daftar Pembicara Forum R20 yang Mewakili Lima Benua

11. R20 hadirkan 40 pembicara utama dari lima benua

11 Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Forum R20 di BaliTokoh agama dunia saat menghadiri pembukaan forum R20 di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022) (Dok. LTN PBNU/Suwitno)

G20 Religion of Twenty atau R20 yang digelar pada 2-3 November 2022 di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua Bali, menghadirkan 464 partisipan dari 32 negara. Forum tokoh agama dan sekte ini juga menghadirkan 40 pembicara dari lima benua yakni Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, dan Eropa.

Selain narasumber dari mancanegara, forum R20 juga mengundang tujuh tokoh dalam negeri Mereka umumnya berasal dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), di antaranya Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftahul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Mustasyar PBNU KH Ahmad Mustofa Bisri.

Topik:

  • Rochmanudin
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya