5 Hal Ini Perlu Diketahui Non-Warga Amerika soal Pemakzulan Trump

Senat baru meloloskan aturan sidang pemakzulan

Washington DC, IDN Times - Senat Amerika Serikat telah mengakhiri sidang yang berlangsung sampai Rabu dini hari (22/1) waktu setempat. Sidang di Capitol Hill itu khusus membahas tentang peraturan pemakzulan Presiden Donald Trump.

Pada Desember lalu, Trump resmi dimakzulkan oleh DPR Amerika Serikat karena dianggap terbukti melakukan dua kesalahan fatal. Pertama adalah penyalahgunaan kekuasaan. Kedua, menghalang-halangi penyelidikan oleh DPR, termasuk melarang pemanggilan saksi-saksi dari Gedung Putih.

Baca Juga: Ini Alasan Donald Trump Resmi Dimakzulkan oleh DPR Amerika Serikat

1. Dua tokoh kunci di Senat menjadi penentu

5 Hal Ini Perlu Diketahui Non-Warga Amerika soal Pemakzulan TrumpKetua Mahkamah Agung Amerika Serikat John Roberts mengambil sumpah para senator saat permulaan prosedur sidang pemakzulan Senat terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump, terlihat dalam sebuah gambar video di Ruang Senat di US Capitol, Washington, Amerika Serikat, pada 16 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/U.S. Senate TV/Handout via Reuters

Seperti dilaporkan The New York Times, sidang dimulai pada Selasa siang (21/1) dan berlangsung lebih dari 12 jam. Perdebatan panas terjadi antara Partai Republik, Partai Demokrat, manajer pemakzulan yang mewakili DPR, serta tim kuasa hukum Gedung Putih.

Ada dua orang penting yang menggiring sidang yaitu Ketua Senat Mayoritas dari Partai Republik Mitch McConnell dan Ketua Senat Minoritas dari Partai Demokrat Chuck Schumer. Keduanya menyampaikan proposal tentang peraturan pemakzulan untuk mendapatkan voting dari anggota.

2. Senat memutuskan untuk menunda pemanggilan saksi

5 Hal Ini Perlu Diketahui Non-Warga Amerika soal Pemakzulan TrumpKetua Senat Mayoritas Amerika Serikat Mitch McConnell kembali ke kantornya setelah pidato di ruang Senat US Capitol di Washington, Amerika Serikat, pada 19 Desember 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Dalam proposal Schumer disebutkan, Senat harus mengeluarkan subpoena untuk para saksi, termasuk mantan penasihat keamanan Gedung Putih, John Bolton. Schumer juga meminta Senat mewajibkan Gedung Putih untuk menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam sidang pemakzulan.

Namun, Senat yang dikuasai oleh Partai Republik menolak proposal itu. Mayoritas, yaitu 53-47, memilih menggunakan proposal McConnell yang menunda pembahasan subpoena. Senat pun meloloskan aturan di mana masing-masing pihak punya waktu 24 jam untuk membuat argumen sejak Rabu siang.

3. Pemanggilan saksi menjadi topik panas

5 Hal Ini Perlu Diketahui Non-Warga Amerika soal Pemakzulan TrumpPresiden Amerika Serikat Donald Trump berjabat tangan dengan pendiri World Economic Forum Klaus Schwab saat ia tiba untuk memberikan pidato dalam pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) ke-50 di Davos, Swiss, pada 21 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Denis Balibouse

Aturan pemakzulan juga menyebut bahwa masing-masing pihak diberi waktu 16 jam untuk memberikan pertanyaan dalam bentuk tulisan dan menyampaikannya ke Senat. Masalah pemanggilan saksi sendiri jadi topik panas karena dalam aturan yang disahkan, para senator masih harus memperdebatkan apakah ini perlu.

Demokrat butuh suara mayoritas, setidaknya 51 suara, untuk meloloskannya. Rumitnya lagi, jika ini terjadi, aturan menuliskan saksi yang disetujui untuk dipanggil harus memberi keterangan di bawah sumpah secara privat, sebelum senator voting lagi guna memutuskan apakah dia bisa bersaksi di depan publik.

4. Partai Demokrat menuding Partai Republik "menutupi" perilaku Trump

5 Hal Ini Perlu Diketahui Non-Warga Amerika soal Pemakzulan Trump300 halaman Laporan Pertanyaan Pemakzulan Trump-Ukraina diperlihatkan setelah dirilis oleh Komite Intelijen Amerika Serikat di Washington, Amerika Serikat, pada 3 Desember 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Jim Bourg

Dengan berbelit-belitnya aturan sidang pemakzulan, Partai Demokrat pun menilai Partai Republik gagal menunjukkan sikap adil dan justru berusaha melindungi Trump. "Presiden terlibat dalam aksi menutup-nutupi ini sebab dia bersalah, dan dia tahu itu," kata salah satu manajer pemakzulan dari Partai Demokrat seperti dilansir The Guardian.

"Anda harus punya keinginan melihat dokumen-dokumen itu," kata manajer lainnya. "Anda harus mau tahu apa yang dikatakan dalam email dan pesan teks pribadi tersebut. Rakyat Amerika mau sidang yang adil. Tapi banyak yang tak percaya itu akan terjadi. Mari buktikan mereka keliru."

5. Trump sendiri berada di Davos saat sidang di Senat berlangsung

5 Hal Ini Perlu Diketahui Non-Warga Amerika soal Pemakzulan TrumpKetua Dewan Perwakilan Amerika Serikat Nancy Pelosi memberikan keterangan media usai dua pasal pemakzulan Donald Trump disetujui oleh mayoritas anggota pada 18 Desember 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner

Saat Senat berdebat, Trump berada di Davos, Swiss, untuk menghadiri World Economic Forum di mana ia menjadi pembicara. Ia sendiri berkali-kali menyepelekan proses pemakzulan sebagai sesuatu yang dilatarbelakangi oleh motif politik bagi Partai Demokrat. Trump juga menegaskan, Kongres tak punya cukup bukti untuk memecatnya.

Butuh dua pertiga atau 60 dari 100 suara Senat agar Trump benar-benar dilengserkan dari kursi presiden. Waktu yang diperlukan pun tidak bisa diprediksi. Bill Clinton adalah Presiden Amerika Serikat lainnya yang pernah menjalani sidang pemakzulan pada 1999. Akan tetapi, Senat waktu itu menyatakan ia tak bersalah.

Apakah Trump akan bernasib sama?

Baca Juga: Pangkalan Militer Dirudal Iran, Ini Pidato Resmi Presiden Donald Trump

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya