Comscore Tracker

Aktris Ternama yang Pernah Diculik Kim Jong-il Wafat

Semasa hidup, Choi Eun-hee adalah aktris yang populer di Korea Selatan.

Seoul, IDN Times - Aktris terkenal Korea Selatan, Choi Eun-hee, menghembuskan nafas terakhir di usia 92 tahun pada Senin (16/4). Dikutip dari BBC, putra tertua Choi, Shin Jeong-gyun, berkata ibunya meninggal "saat dia ke rumah sakit untuk pemeriksaan ginjal".

1. Choi dikabarkan pernah diculik Kim Jong-il

Aktris Ternama yang Pernah Diculik Kim Jong-il WafatHandout via South China Morning Post

Kisah hidup Choi adalah salah satu yang paling tak bisa dilupakan oleh publik dan media Korea Selatan. Aktris kelahiran 1926 tersebut diyakini pernah diculik mendiang pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il, pada akhir 1970-an.

Saat itu, Choi bercerai dari sutradara yang sama tenarnya, Shin Sang-ok. Karirnya pun agak meredup. Kemudian, ia dihubungi oleh seseorang yang mengaku sebagai pebisnis asal Hong Kong. Orang tersebut membujuk Choi agar bersedia terbang ke Hong Kong.

Ia dirayu untuk menjadi aktris di sana karena ia berniat membuat sebuah rumah produksi. Setelah sampai Hong Kong, ia dilaporkan dibius oleh beberapa pria tak dikenal. Saat bangun, Choi berada di vila mewah di Pyongyang.

Baca juga: Media Korea Utara Klaim Kim Jong-un Bisa Kendalikan Cuaca

2. Shin juga disebut ikut diculik

Aktris Ternama yang Pernah Diculik Kim Jong-il WafatMagnolia Pictures via NPR

Choi dan Shin sempat jadi pasangan yang sangat diidolakan oleh penggemar film Korea Selatan. Shin, seorang sutradara terkenal, kemudian memiliki anak dengan aktris yang lebih muda. Meski bercerai, tapi Shin dikabarkan tetap dekat dengan mantan istrinya itu.

Beberapa bulan setelah penculikan Choi, ia ikut mencarinya di Hong Kong. Namun, ia justru dikabarkan ikut diculik dan dibawa ke Korea Utara. Namun, cerita Shin tidak terlalu jelas. Bekas pasangan itu pun disebut melarikan diri kembali ke Korea Selatan.

3. Kisah keduanya sempat difilmkan

Aktris Ternama yang Pernah Diculik Kim Jong-il WafatMagnolia Pictures via Screen Daily

Dua sutradara dokumenter Inggris, Rob Cannan dan Ross Adam, tertarik dengan kisah Choi dan Shin. Pada 2016, mereka merilis film berjudul The Lovers and The Despot yang menceritakan penculikan mereka di Pyongyang hingga akhirnya mereka bersatu kembali sebagai pasangan.

Salah satu yang menarik adalah bagaimana mereka diizinkan mengikuti sejumlah festival film. Pada 1986, keduanya berada di Viena untuk sebuah festival, kemudian melarikan diri ke kedutaan besar Amerika Serikat untuk meminta bantuan kembali ke Korea Selatan.

Korea Utara sendiri membantah bahwa Kim Jong-il menjadi dalang penculikan keduanya. Pemerintah Korea Utara menegaskan bahwa mereka berdua mencari perlindungan di Pyongyang. Shin sendiri wafat pada 2006 lalu dan dikenang sebagai sutradara legendaris Korea Selatan.

Baca juga: Kisah 3 Pesepak Bola Asal Jepang yang Bermain untuk Korea Utara

Line IDN Times

Topic:

Just For You