Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia, Siapa di Indonesia?

Harta Bill Gates mencapai Rp 1.145 triliun

Majalah terkemuka dunia, Forbes, merilis daftar miliarder tahun 2017. Berdasarkan informasi yang dipublikasikan Forbes di situsnya, jumlah miliarder pada tahun ini sebanyak 2.043 orang, meningkat 13 persen dari tahun sebelumnya yang sebanyak 1.810 orang. Total kekayaan mereka juga bertambah 18 persen jika dibandingkan tahun 2016.

Untuk keempat kalinya, Bill Gates didapuk menjadi orang terkaya di dunia.

Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia, Siapa di Indonesia?Paul Hackett/Reuters via IBTimes.co.uk

Pendiri Microsoft, Bill Gates, kembali memuncaki daftar orang terkaya di dunia tahun 2017 dengan total kekayaan mencapai Rp 1.145 triliun. Di tahun sebelumnya, pria berumur 61 tahun itu memiliki kekayaan sebesar Rp 998,8 triliun.

Di posisi kedua dan ketiga ada pengusaha Warren Buffet dan Jeff Bezos.

Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia, Siapa di Indonesia?Reuters

Pengusaha veteran sekaligus mantan penasihat perekonomian Barack Obama, Warren Buffett, menduduki urutan kedua sebagai orang terkaya di dunia. Petinggi perusahaan multinasional Berkshire Hathaway ini tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 1.000 triliun. Dalam setahun terakhir, kekayaan Buffett meningkat sebanyak Rp 197 triliun.

Di urutan ketiga ada CEO Amazon, Jeff Bezos. Bezos memiliki kekayaan sebesar Rp 969 triliun. Kekayaan dari pria berusia 53 tahun ini bertambah cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2016 di mana kala itu ia memiliki harta sebanyak Rp 601,8 triliun.

Baca Juga: The Next Trump? Hary Tanoe Menghiasi Sampul Majalah Forbes

Jumlah pengusaha dari Tiongkok cukup mendominasi.

Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia, Siapa di Indonesia?Reuters via Business Times

Dalam 10 besar daftar orang terkaya di dunia, jumlah pengusaha Amerika Serikat memang menjadi mayoritas. Hanya dua orang non-Amerika Serikat yang berhasil tembus ke 10 besar. Keduanya adalah Carlos Slim dari Meksiko dan Amancio Ortega dari Spanyol.

Sedangkan jumlah pengusaha asal Tiongkok bisa dibilang cukup mendominasi. Lebih dari 300 orang Tiongkok yang masuk kategori orang terkaya di dunia versi Forbes, termasuk pemilik Alibaba, Jack Ma, dan Wang Jialin, petinggi Dalian Wanda Group yang merupakan pengembang real estate dan operator bioskop terbesar di dunia.

Sedangkan Hartono bersaudara konsisten menjadi orang terkaya di dunia asal Indonesia.

Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia, Siapa di Indonesia?Forbes

Dari lebih dari 2.000 orang terkaya di dunia, pengusaha rokok dan investor perbankan Budi Hartono berhasil menduduki peringkat 140. Ia tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 126,5 triliun. Sedangkan saudaranya, Michael Hartono, berada di urutan ke 145 dengan total harta sebanyak Rp 125 triliun. Ini menjadikan Hartono bersaudara sukses menjadi orang terkaya dari Indonesia selama delapan tahun berturut-turut.

Baca Juga: 8 Top Figur Publik Internasional Ini Sangat Kaya Raya Tapi Hidup Secukupnya dan Dermawan

Topik:

Berita Terkini Lainnya