Comscore Tracker

Ini Anggota Kongres Termuda dalam Sejarah Amerika Serikat

Dia millennial dan bukan bagian dari elite

New York, IDN Times - Perempuan bernama Alexandria Ocasio-Cortez terpilih sebagai anggota Kongres termuda dalam sejarah Amerika Serikat setelah memenangkan pemilu pada Selasa waktu setempat (6/11). Ocasio-Cortez, berusia 29 tahun, bukan bagian dari elite politik Amerika Serikat yang selama ini berkuasa. 

Kemenangan millennial satu ini menjadi kejutan tersendiri.

1. Ocasio-Cortez sempat mengalahkan politisi veteran Partai Demokrat

Ini Anggota Kongres Termuda dalam Sejarah Amerika Serikatinstagram.com/ocasio2018

Nama perempuan keturunan Puerto Rico yang berdomisili di New York tersebut mulai melejit di awal tahun 2018. Ia berkampanye untuk menantang anggota Kongres veteran dari Partai Demokrat, Joe Crowley, yang berada dalam satu daerah pemilihan dengannya yaitu di New York.

Pada pertengahan tahun, pemilu awal memenangkan perempuan yang punya latar belakang pendidikan ekonomi tersebut. Selanjutnya, ia berambisi untuk melanjutkan langkahnya ke Gedung Capitol Hill, tempat anggota Kongres Amerika Serikat berkantor.

2. Ia berasal dari keluarga kelas menengah biasa

Ini Anggota Kongres Termuda dalam Sejarah Amerika Serikatinstagram.com/ocasio2018

Tak seperti kebanyakan anggota Kongres yang berlatar belakang dari keluarga berada, bahkan punya koneksi kuat di ranah politik, Ocasio-Cortez merupakan kelas menengah biasa. Mendiang ayahnya meninggal di usia 40 tahun. Profesinya saat itu adalah sebagai petugas kebersihan.

Apalagi Ocasio-Cortez merupakan karyawan restoran di Manhattan setahun lalu sebelum memutuskan untuk masuk ke politik. Ketika diumumkan sebagai pemenang, ia berkata kepada para pendukungnya, "Kita membuat sejarah malam ini." 

3. Ocasio-Cortez berkampanye dari pintu ke pintu dengan menegaskan visi misinya yang lebih sosialis

Ini Anggota Kongres Termuda dalam Sejarah Amerika SerikatInstagram.com/ocasio2018

Satu hal yang juga unik dari kemenangan Ocasio-Cortez adalah caranya berkampanye. Ia menegaskan, tidak menerima donor sepeserpun dari korporasi, dan lebih mengandalkan kampanye dari pintu ke pintu di daerah pemilihannya. Ia pun meminta sumbangan warga yang sepaham dengan idenya.

Visi dan misi Ocasio-Cortez pun terbilang cukup kiri. Alumni Boston University yang mengambil jurusan Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Ekonomi itu menyebut dirinya seorang sosialis demokratik. Tak hanya berjanji menjamin uang kuliah gratis, ia juga ingin ada jaminan kesehatan universal.

Wah, Ocasio-Cortez menjadi inspirasi bagi generasi millennials ya

Topic:

  • Rosa Folia
  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Just For You