Comscore Tracker

Meski Baru Menikah, Raja Thailand Terungkap Punya Selir

Dia pernah menjadi bodyguard raja

Bangkok, IDN Times - Istana kerajaan Thailand mengungkap sosok perempuan yang menjadi selir dari Raja Vajiralongkorn pada Senin (26/8). Ia adalah Sineenat Wongvajirapakdi dan saat ini berusia 34 tahun atau terpaut 33 tahun dari sang raja.

Mantan perawat di angkatan bersenjata Thailand itu diberikan gelar sebagai Chao Khun Phra atau selir kehormatan. Wongvajirapakdi sendiri adalah perempuan pertama yang berposisi sebagai selir dari seorang Raja Thailand dalam hampir satu abad terakhir.

1. Raja meminta istana mempublikasikan biografinya

Meski Baru Menikah, Raja Thailand Terungkap Punya SelirSineenat Wongvajirapakdi menjadi selir Raja Thailand Vajiralongkorn. Royal Household Bureau Handout/EPA via The Guardian

Dilansir dari The Guardian, situs kerajaan mempublikasikan lebih dari 60 foto dan biografi sebanyak 46 halaman bertanggal minggu lalu. Publikasi ini baru tersebar luas di internet kemarin. Menurut pernyataan resmi kerajaan, ini adalah permintaan khusus dari Raja Vajiralongkorn.

"Raja memerintahkan pembuatan sebuah biografi kerajaan untuk Chao Khun Phra Sineenat Bilaskalayani," tulis pihak kerajaan dengan menyertakan gelar resmi yang baru diperolehnya.

Baca Juga: 3 Fakta di Balik Raja Thailand Vajiralongkorn Nikahi Pengawal Pribadi

2. Foto-foto itu memperlihatkan kehidupan sang selir

Meski Baru Menikah, Raja Thailand Terungkap Punya SelirSineenat Wongvajirapakdi menjadi selir Raja Thailand Vajiralongkorn. REUTERS/Damil Sagorj

Publikasi puluhan foto-foto itu membuka jendela yang selama ini cukup tertutup di mana di baliknya adalah kehidupan anggota kerajaan Thailand. Dalam salah satu foto tampak Sineenat memakai seragam kamuflase dan mengikuti pelatihan militer.

Foto lainnya menunjukkan dia berada di dalam kokpit sebuah pesawat kecil seperti sedang menerbangkannya. Beberapa foto juga menampilkan kedekatannya dengan Raja Vajiralongkorn baik ketika memakai pakaian tradisional maupun baju santai.

3. Dia pernah menjadi anggota unit pengaman kerajaan

Meski Baru Menikah, Raja Thailand Terungkap Punya SelirSineenat Wongvajirapakdi menjadi selir Raja Thailand Vajiralongkorn. AFP via The Guardian

Sineenat sendiri lahir di Provinsi Nan yang berlokasi di Thailand bagian utara. Semasa muda, ia menempuh pendidikan di kampus perawat milik Tentara Kerajaan Thailand. Kemudian, dia pernah mengikuti pendidikan sebagai pilot di Thailand dan negara lain.

Prestasi Sineenat tak berhenti di situ saja sebab ia kemudian masuk sebagai bagian dari unit pengamanan raja. Pada Mei kemarin, Sineenat memperoleh gelar sebagai mayor jenderal. Ketika Vajiralongkorn dinobatkan sebagai raja untuk menggantikan mendiang ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, pada Mei lalu, Sineenat dilaporkan turut ada di lokasi.

4. Raja sendiri baru saja memperistri mantan bodyguardnya

Meski Baru Menikah, Raja Thailand Terungkap Punya SelirSineenat Wongvajirapakdi menjadi selir Raja Thailand Vajiralongkorn. Handout/AFP via The Guardian

Tidak diketahui sejak kapan Sineenat dekat dengan Raja Vajiralongkorn. Yang jelas, pada awal Mei lalu pihak istana mengumumkan bahwa ia sudah menikahi Suthida Bajrasudhabimalalakshana.

Perempuan 41 tahun tersebut telah menjadi kekasihnya dalam jangka waktu lama dan beberapa kali terlihat oleh publik. Nikkei Asian Review melaporkan pengumuman itu diberikan beberapa hari sebelum penobatannya sebagai raja. 

Sama seperti Sineenat, Suthida yang kini berposisi sebagai Ratu Permaisuri Thailand, merupakan bagian dari unit bodyguard raja. Bahkan, mantan pramugari itu pernah menjabat sebagai wakil ketua unit.

5. Raja Vajiralongkorn telah menikah sebanyak empat kali

Meski Baru Menikah, Raja Thailand Terungkap Punya SelirRaja Vajiralongkorn. REUTERS/Damir Sagolj via Nikkei Asian Review

Suthida bukan istri pertama raja. Laki-laki itu pernah menikah tiga kali sebelum memperistri Suthida. Ketiga pernikahan tersebut gagal dengan berakhir cerai. Perceraian ketiganya dengan Srirasmi Akrapongpreecha ketika masih menjadi Putra Mahkota sangat mengundang perhatian publik.

Dikutip dari BBC, Raja Vajiralongkorn meminta pemerintah mencabut gelar terhormat bagi anggota keluarga Srirasmi yang dituding terlibat korupsi. Tidak diketahui pasti apakah tuduhan itu benar sebab anggota kerajaan dilindungi oleh hukum yang melarang publik mengkritik mereka. Jika dilanggar, maka pelanggar terancam hukuman sampai 15 tahun penjara.

Baca Juga: 10 Film Thailand yang Bisa Bikin Nangis Bombay Saking Sedihnya

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya