Nasib Tersangka Pembunuhan di Taiwan yang Picu Demonstrasi Hong Kong

Hong Kong dan Taiwan tak punya perjanjian ekstradisi

Hong Kong, IDN Times - Seorang pengacara sekaligus pembuat undang-undang Hong Kong mengusulkan agar tersangka pelaku pembunuhan, Chan Tong-kai, tidak buru-buru ditransfer ke Taiwan. Priscilla Leung Mei-fun mengatakan bahwa Chan bisa dijadikan alat politik jika diadili dalam waktu dekat.

Kasus Chan sendiri memicu demonstrasi besar-besaran di Hong Kong setelah pemerintah menggunakannya sebagai contoh untuk mendorong pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Ekstradisi. Ia dipenjara di Hong Kong untuk kasus pencucian uang selama 18 bulan dan baru dibebaskan pada Rabu (23/10).

1. Pembunuhan terjadi di Taiwan

Nasib Tersangka Pembunuhan di Taiwan yang Picu Demonstrasi Hong KongChan Tong-kai, tersangka pelaku pembunuhan yang kasusnya melahirkan krisis politik di Hong Kong, setelah dibebaskan pada 23 Oktober 2019. instagram.com/scmp

Pemuda berusia 20 tahun tersebut dipenjara di Hong Kong karena terbukti melakukan pencucian uang dengan cara menarik sejumlah uang dari kartu kredit kekasihnya. Persoalannya, kekasih Chan yang berusia setahun lebih tua, Poon Hiu-wing, sudah meninggal dunia karena dibunuh dan ia menjadi tersangka utamanya.

Pembunuhan terjadi di Taiwan pada Februari 2018. Chan langsung kabur ke Hong Kong di saat Taipei berusaha memburunya untuk diadili. Pastor Peter Koon Ho-ming yang menemaninya saat dibebaskan adalah orang yang membujuknya untuk menyerahkan diri kepada Taiwan.

2. Hong Kong dan Taiwan tak punya perjanjian ekstradisi

Nasib Tersangka Pembunuhan di Taiwan yang Picu Demonstrasi Hong KongPengunjuk rasa anti pemerintah membawa bendera nasional Taiwan saat aksi demo pada peringatan Hari Nasional Taiwan di kota Pelabuhan di distrik Tsim Sha Tsui, di Hong Kong, pada 10 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha

Meski Chan akhirnya menyetujui untuk menyerahkan diri, tapi prosedur hukumnya tak semudah itu. Hong Kong, yang menjadi bagian Tiongkok, tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Taiwan. Oleh karena itu, ketika Chan meninggalkan jasad Poon yang tengah hamil agar bisa kembali ke Hong Kong, otoritas Taiwan tidak mampu melakukan apa pun.

Dilansir dari The New York Times, Chan mengakui bahwa ia mencekik dan memasukkan tubuh kekasihnya yang sudah tak bernyawa ke dalam koper, lalu membuangnya ke dekat stasiun di Taipei. Pembunuhan terjadi saat keduanya berlibur di perayaan Hari Valentine.

Usai bebas dari kasus pencucian uang, Chan mengaku berniat bertanggung jawab karena telah menghabisi nyawa kekasihnya. "Saya bersedia, karena perbuatan impulsif dan semua kesalahan saya, untuk menyerahkan diri kepada Taiwan agar mendapatkan hukuman," kata Chan, seperti dikutip dari South China Morning Post.

Baca Juga: Tersangka Pembunuhan yang Kasusnya Menyulut Demo Besar di Hong Kong

3. Leung mengusulkan Chan ditransfer ke Taiwan usai Pemilu

Nasib Tersangka Pembunuhan di Taiwan yang Picu Demonstrasi Hong KongSeorang pengunjuk rasa menendang sebuah tabung gas air mata saat protes di Hong Kong, 20 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Umit Bektas

South China Morning Post melaporkan bahwa dalam sebuah wawancara di radio pada Kamis (24/10), Leung menilai Chan tidak perlu terburu-buru. "Chan sebenarnya bisa menunggu sampai pemilihan presiden di Taiwan selesai pada Januari agar dia tidak akan menjadi bilah untuk tawar-menawar politik," ujar Leung.

Menurutnya, sikap Taipei terhadap Chan bisa memengaruhi putusan pengadilan. "Dari apa yang pemerintah Taiwan katakan, sepertinya mereka sudah berasumsi bahwa Chan merencanakan pembunuhan kekasihnya di Hong Kong, bahkan sebelum kasus ini dibawa ke meja hijau," tuturnya.

"Apakah tersangka merencanakan pembunuhan atau itu hanya tindakan impulsif bisa membawa hasil yang sangat berbeda soal lamanya kurungan. Saya khawatir pengadilan tidak akan bersikap adil," tambahnya.

4. Taiwan meminta otoritasnya yang mengawal Chan sejak dari Hong Kong

Nasib Tersangka Pembunuhan di Taiwan yang Picu Demonstrasi Hong KongPemadam kebakaran memadamkan barikade yang terbakar saat protes di Hong Kong, pada 20 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awam

Sedangkan Taiwan mengatakan pada Selasa (22/10) bahwa pihaknya tidak mau menerima Chan, kecuali dengan satu syarat. Taipei meminta otoritasnya yang mengawal langsung Chan dari Hong Kong menuju pulau yang punya pemerintahan sendiri itu. Hong Kong menyebut permintaan itu tidak menghormati hukum di Wilayah Administratif Khusus.

"Polisi Taipei bisa tinggal di dalam pesawat Taiwan yang berada di kawasan terbatas di Hong Kong dan menunggu Chan untuk masuk ke dalam sendirian," kata Leung.

"Seorang tersangka bisa menyerahkan diri selama sifatnya sukarela. Akan tetapi, dasarnya harus rasa saling menghormati," lanjutnya.

5. Hong Kong secara resmi mengumumkan pencabutan RUU Ekstradisi

Nasib Tersangka Pembunuhan di Taiwan yang Picu Demonstrasi Hong KongPengunjuk rasa anti-pemerintah membawa poster dan spanduk menjelang pidato kebijakan tahunan Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam di Dewan Legislatif di Hong Kong, pada 16 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar

Bersamaan dengan dibebaskannya Chan, pemerintah Hong Kong mengumumkan bahwa RUU Ekstradisi secara resmi sudah dicabut. Jika berhasil disahkan, maka Chan bisa diekstradisi ke Taiwan. Massa yang turun ke jalanan Hong Kong mengkhawatirkan para tersangka bisa dibawa ke Tiongkok daratan yang sistem legalnya tidak adil dan transparan.

Mayoritas masyarakat menduga RUU Ekstradisi itu adalah cara Beijing untuk mencengkeram Hong Kong yang selama ini berstatus sebagai Wilayah Administratif Khusus. 

Unjuk rasa yang tadinya berjalan damai selanjutnya diwarnai kekerasan antara demonstran melawan polisi anti-huru-hara. Tuntutan pun meluas menjadi keinginan untuk memberlakukan demokrasi sepenuhnya di Hong Kong, termasuk mengizinkan warga memilih pemimpin mereka sendiri. 

Baca Juga: Ribuan Warga Hong Kong Kehilangan Pekerjaan Akibat Demonstrasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya