Pria Ini Jalani Operasi Otak Sambil Main Gitar

Kok bisa?

Seorang pria asal Bangalore, India, menjadi topik pemberitaan ketika menjalani operasi syaraf sambil bermain gitar. Pria 32 tahun yang disebut bernama Tushar (nama samaran) menderita sebuah gangguan syaraf bernama dystonia.

Ia sakit ketika bermain gitar.

Pria Ini Jalani Operasi Otak Sambil Main Gitarfreestocks.org via Unsplash

Dikutip dari Times of India, Tushar harus menjalani operasi selama tujuh jam karena dystonia yang merujuk pada kondisi di mana ada pergerakan otot tubuh yang tak berulang-ulang yang disebabkan oleh kelainan syaraf.

Kondisi tersebut membuatnya sering mengalami kram tiga jari di tangan kirinya. Ia pertama kali mengalaminya lebih dari setahun lalu ketika bermain gitar. Menurut keterangan dokter, dystonia itu terjadi karena pergerakan otot secara berlebihan. Selama operasi, Tushar terus bergetar.

Salah satu dokter syaraf mengatakan operasi tersebut harus dilakukan untuk menghancurkan bagian otak yang memicu getaran abnormal pada otot tubuhnya. Berdasarkan foto hasil MRI, dokter harus membuat lubang sedalam 14 mm pada tulang tengkoraknya dengan menggunakan obat bius dan alat khusus yang menembus bagian otak.

Baca Juga: Khawatir Menyontek, Sekolah Minta Siswa ini Lepas Bra

Dokter menyuruhnya bermain gitar untuk mengetahui syaraf yang salah.

Pria Ini Jalani Operasi Otak Sambil Main Gitarasianage.com

Dokter lainnya mengatakan alasan mengapa Tushar harus bermain gitar saat operasi berlangsung. "Masalah ini timbul saat ia bermain instrumen dan respon langsung (dengan bermain gitar) penting untuk kami mengetahui lokasi pasti dari target yang perlu diperbaiki," ujarnya.

Tushar saat ini sudah sembuh berkat operasi yang dijalani itu. "Saya sangat terkejut melihat jari-jari saya membaik secara ajaib di atas meja operasi. Di akhir operasi, jari-jari saya sembuh 100 persen dan saya bisa menggerakannya seperti sebelumnya. Dalam waktu tiga hari usai operasi, saya bisa berjalan ke luar rumah sakit siap untuk bermain gitar lagi."

Baca Juga: India, Negara dengan Selfie Berujung Maut Terbanyak

Topik:

Berita Terkini Lainnya