Comscore Tracker

Peringatan! Museum Ini Bisa Bikin Kamu Mual

Museum makanan aneh ini hadirkan wine isi tikus hingga...

Malmo, IDN Times - Bagi mayoritas orang Asia Tenggara, durian merupakan makanan yang nikmat sehingga sangat digemari. Namun, bagi masyarakat Eropa, durian seringkali dianggap sebagai makanan aneh, bahkan menjijikkan. 

Ini seperti yang terpampang di sebuah museum di Swedia. Di museum tersebut terdapat beragam makanan unik dan aneh dari berbagai negara.

1. Museum itu merupakan yang pertama kali ada di dunia

Peringatan! Museum Ini Bisa Bikin Kamu Mualdisgustingfoodmuseum.com

"Meski perbedaan budaya seringkali memisahkan kita dan menciptakan batas, makanan juga bisa menghubungkan kita. Berbagi makanan adalah cara terbaik untuk mengubah orang asing menjadi kawan," begitu tulisan di situs disgustingfoodmuseum.com

Museum dengan nama yang sama tersebut merupakan yang pertama kali menampilkan deretan makanan tak biasa bagi kebanyakan orang. Bukan untuk menciptakan rasa jijik, begitu klaim para kuratornya, melainkan untuk menantang asumsi orang terhadap makanan tidak familiar dari wilayah lain.

Baca Juga: Pilih Makanan Aneh Ini dan Kami Akan Menebak Status Hubunganmu!

2. Museum tersebut menampilkan makanan seperti alat kelamin banteng hingga wine dengan bangkai bayi tikus di dalamnya

Peringatan! Museum Ini Bisa Bikin Kamu Mualdisgustingfoodmuseum.com

Kuliner-kuliner yang disajikan bisa jadi membelalakkan mata atau bikin mual pengunjung yang baru pertama kali melihat atau mendengar namanya. Misalnya saja alat kelamin banteng yang sebenarnya akrab bagi lidah keturunan Tionghoa. Kemudian, ada juga wine yang disajikan dengan bayi tikus mati. Minuman ini rupanya juga digemari di Tiongkok.

Lalu, tentu saja ada buah durian. Selain itu, minuman lain yang tergolong aneh adalah susu kuda betina yang difermentasi. Bagi masyarakat Asia Tengah, utamanya yang beretnis Mongol, minuman dengan nama Kumis tersebut merupakan bagian dari konsumsi sehari-hari dan dianggap punya kandungan nutrisi yang baik.

3. Pengunjung bisa mulai melihat apa isi di dalam museum pada akhir Oktober nanti

Peringatan! Museum Ini Bisa Bikin Kamu Mualdisgustingfoodmuseum.com

Menurut kurator museum yang berlokasi di kota Malmo ini, ada sekiranya 80 jenis makanan yang ditampilkan kepada pengunjung. "Aku berpikir tentang betapa menariknya jika ada museum yang didedikasikan tak hanya untuk makanan paling lezat atau cantik, tapi juga paling menjijikkan."

"Kami harap museum ini berkontribusi terhadap ketertarikan dan penerimaan terhadap sumber protein yang lebih berkesinambungan secara ekologi seperti serangga," kata Samuel West, salah satu kurator, kepada Lonely Planet.

Bagi yang suka tantangan dan ingin menguji seberapa kuat prasangka terhadap budaya serta kebiasaan masyarakat dari negara lain bisa mengunjungi museum ini mulai 29 Oktober mendatang. 

Bagaimana? Siap mencoba rasanya alat kelamin banteng?

Baca Juga: 7 Varian Es Krim Paling Aneh di Dunia, Ada yang dari ASI Lho!

Topic:

  • Rosa Folia
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You