Pria Ini Koleksi 7000 Plat Mobil Sejak 40 Tahun Lalu

Banyak banget ya!

Mengumpulkan dan mengoleksi sesuatu tentu memiliki kepuasan tersendiri bagi beberapa orang. Rata-rata mereka mengoleksi benda kegemaran atau benda unik yang sulit untuk didapatkan di pasaran. Biasanya adalah perangko, uang kertas lama, gitar, hingga kendaraan klasik dan benda-benda lainnya.

Namun lain halnya dengan Andrew Pang. Pria asal Arlington, Virginia, Amerika Serikat ini telah mengoleksi lebih dari 7000 plat nomor mobil dari seluruh negara bagian Amerika Serikat sejak 40 tahun yang lalu.

Mulai mengoleksi sejak anak-anak. 

Pria Ini Koleksi 7000 Plat Mobil Sejak 40 Tahun Lalubbc.com

Andrew mengaku mulai mengoleksi plat nomor mobil sejak dirinya masih anak-anak. "Suatu hari di musim panas, saya katakan kepada teman saya untuk membawa sesuatu dari Louisiana. Dia memilih untuk membawakan saya plat nomor dari dealer mobil kakeknya," kata dia seperti dikutip dari bbc.com. Walaupun telah mencoba untuk mengumpulkan perangko dan barang-barang lain, namun ternyata dirinya lebih suka mengoleksi plat nomor mobil. 

Pada usia 12 tahun, Andrew telah berhasil untuk mengumpulkan plat nomor mobil dari 50 negara bagian Amerika Serikat. Dirinya kemudian terobsesi untuk mengoleksi plat nomor mobil di negara bagian Virginia sejak tahun 1906. Andrew berhasil menyelesaikan tantangannya saat menebus plat bertahun 1906 dengan harga US$ 4000 atau sekitar Rp 54 juta.

Baca juga: Plat Nomor B 8 FPI yang Jadi Viral di Medsos, Ternyata Ini Sejarahnya!

Juga mengoleksi plat luar negeri.

Pria Ini Koleksi 7000 Plat Mobil Sejak 40 Tahun Laluwashingtonpost.com

Tak hanya plat dalam negeri AS saja, Andrew juga mengoleksi plat dari luar negeri. Sebagian di antaranya adalah 13 provinsi di wilayah Kanada, dan beberapa plat dari Montenegro, Micronesia, hingga Somalia. Terdapat juga beberapa plat khusus edisi 200 tahun kemerdekaan Amerika Serikat yang dirilis tahun 1976.

Beberapa plat edisi khusus lainnya adalah plat nomor khusus edisi pelantikan presiden. Pengacara 47 tahun itu, kini termasuk 25 orang di dunia yang memiliki plat nomor dari setiap edisi pelantikan presiden AS. Amerika Serikat memiliki tradisi untuk mengeluarkan plat nomor mobil edisi khusus yang digunakan dalam parade perdana kepresidenan.

Baca juga: Demi Kembalikan Plat Motor, Pengantar Makanan Terobos Badai

Topik:

Berita Terkini Lainnya