Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] Jangan Sampai Salah Paham, Ini Sejarah dan Fakta Indochina!

Kawasan ini dulunya bekas jajahan Perancis

Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan nama Indochina. Hal ini bermula dari salah satu pengguna Facebook yang mengira bahwa Indochina yang tertulis di papan petunjuk bandara adalah pengganti dari Indonesia.

Faktanya Indochina bukanlah nama baru dari Indonesia. Nah adakah dari kalian yang sudah mencari tahu apa itu Indochina? Kalau belum simak infografis berikut.

[INFOGRAFIS] Jangan Sampai Salah Paham, Ini Sejarah dan Fakta Indochina!Rully Bunga / IDN Times

Ya, Indochina adalah sebuah wilayah di Asia Tenggara yang memiliki budaya sangat erat kaitanya dengan kebudayaan dari India maupun Tiongkok. Kawasan Indochina terbagi menjadi dua pengertian, dalam artian sempit dan dalam artian luas.

Indochina dalam artian sempit merupakan negara-negara yang pernah dijajah oleh Perancis, sedangkan Indochina dalam artian luas merupakan negara-negara yang terletak di semenanjung Indocina, yaitu di sebelah timur India dan selatan Tiongkok.

Baca Juga: [OPINI] Indonesia Berubah Nama Jadi Indochina? Jangan Bikin Malu deh!

Pada abad ke-1, timbul kerajaan-kerajaan dibawah pengaruh India di wilayah Indochina. Kemudian datanglah bangsa-bangsa baru dari utara menyusur sungai Mekong dan pantai timur Indochina.

Pada tahun 1802, mulailah muncul imperialisme Perancis di Indochina. Dengan alasan untuk melindungi warga negaranya, Perancis menyerbu Cochin-China pada tahun 1858. Tentara Vietnam dapat dikalahkan, tetapi Perancis gagal dalam serbuannya ke Hue, ibukota Vietnam. Perang ini berlangsung selama 4 tahun (1858-1862).

Baca Juga: Kenapa di Negara Seindah Perancis Kerap Terjadi Serangan Teror?

Topic:

Just For You