Lato-Lato Dilarang di 3 Negara, Termasuk Amerika Serikat

Lato-lato dilarang karena kerap membawa cedera

Jakarta, IDN Times - Lato-lato atau clackers ball tengah menjadi tren di Indonesia. Sejatinya, mainan ini juga pernah populer di Indonesia pada era 1990-an. Sekarang, mainan yang acap mengeluarkan suara unik ini kembali viral.

Meski viral dan banyak dimainkan, tak sedikit negara yang melarang mainan ini, lantaran dianggap berbahaya. Pasalnya, tak sedikit juga kasus cedera yang terjadi akibat mainan lato-lato ini. Negara mana saja yang melarang lato-lato?

Baca Juga: Waspada! Ini Bahaya Mainan Lato-lato yang Sedang Viral

1. Inggris

Lato-Lato Dilarang di 3 Negara, Termasuk Amerika Serikatilustrasi anak-anak bermain lato-lato (realitarakyat.com)

Lato-lato ini rupanya sempat dilarang di Inggris. Pasalnya, bunyi dari mainan ini dianggap mengganggu kenyamanan banyak orang. Tidak cuma itu, ada hal lain yang membuat mainan ini dilarang di Inggris

Dilansir Clover Cloud, lato-lato sempat melukai anak-anak di Inggris karena bahannya bisa meledak begitu saja ketika pecah. Tak jarang, anak-anak juga mengalami patah tulang akibat mainan ini.

Baca Juga: Lato-Lato Memakan Korban, Ini Kata Ridwan Kamil

2. Mesir

Lato-Lato Dilarang di 3 Negara, Termasuk Amerika SerikatPermainan Lato-lato yang sedang viral. (instagram.com/lutfi.r.dewangga)

Mesir juga jadi negara yang turut melarang permainan lato-lato. Pelarangan ini dikeluarkan pada 2017, ketika Mesir dipimpin oleh Presiden Abdul Fattah El-Sisi.

Mainan ini dianggap menghina sang presiden, sehingga akhirnya dilarang. Jadi, masyarakat Mesir sempat menyebut mainan ini dengan sebutan sisi's ball. Sialnya, penyebutan ini dianggap menghina presiden karena merujuk ke alat kelamin presiden.

Baca Juga: Tetap Seru, Ini Tips Aman Bermain Lato-lato

3. Amerika Serikat

Lato-Lato Dilarang di 3 Negara, Termasuk Amerika SerikatSeorang anak mencoba permainan latto-latto yang dijual di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (6/1/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Amerika Serikat adalah negara tempat munculnya lato-lato. Namun, Amerika Serikat juga pada akhirnya melarang mainan ini. Sebabnya tidak jauh beda dengan Inggris, banyak anak-anak cedera setelah memainkan ini.

Dilansir Quartz, Food and Drugs Administration (FDA) Amerika melarang peredaran lato-lato sejak 1966 silam. Banyak yang mendukung keputusan FDA ini, apalagi mereka mengeluarkan larangan setelah melakukan serangkaian uji coba.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya