Sejarah Jembatan Gujarat yang Ambruk, Dibuka saat Era Inggris di India

Ratusan orang jatuh, 68 tewas akibat jembatan ini ambruk

Jakarta, IDN Times - Jembatan di kota Morbi, Gujarat, India, yang ambruk ternyata sudah berusia tua, berdiri sejak abad ke-19. Dilansir Times of India, jembatan ini sudah berusia 140 tahun.

Jembatan sepanjang 230 meter tersebut dibangun dengan ketinggian 765 kaki (setara 233,2 meter). Jembatan ini pertama kali dibuka pada 20 Februari 1879, oleh Gubernur Mumbai Richard Temple. Material pembangunan jembatan yang menghubungkan Mahaprabhuji dan Samakantha ini semua didatangkan dari Inggris.

Sebelum terkena tragedi pada Minggu (30/10/2022), jembatan ini juga pernah diguncang gempa besar pada 2001. Jembatan yang berada di atas sungai Machchhu tersebut, baru selesai direnovasi selama enam bulan dan dibuka kembali pekan lalu.

Pada Minggu, lebih dari 400 orang yang melintasi jembatan tersebut menjadi korban. Ratusan orang jatuh ke sungai ketika jembatan yang berlokasi di Gujarat tersebut ambruk. Banyak juga orang-orang yang bergelantungan di kabel jembatan saat posisi jembatan sudah ambruk.

Sejauh ini, jumlah korban tewas sebanyak 68 orang, puluhan lain luka berat dan sejumlah orang belum ditemukan. Perdana Menteri Narendra Modi sudah memerintahkan proses evakuasi korban dilakukan secepat mungkin.

Baca Juga: Korban Tewas Jembatan Ambruk di India Menjadi 68 Orang

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya