Target 120 Hari Pertama Xanana Gusmao Sebagai PM Timor Leste

Xanana Gusmao resmi dilantik jadi perdana menteri

Jakarta, IDN Times - Timor Leste resmi memiliki Perdana Menteri baru. Namun, dia bukanlah sosok asing, melainkan pejuang kemerdekaan negara ini di masa lalu, yakni Xanana Gusmao.

Xanana dilantik sebagai Perdana Menteri baru pada Sabtu, 1 Juli 2023 pukul 16.00 waktu setempat. Acara pelantikan digelar di kantor Istana Presiden Nicolau Lobato, Dili.

Dalam pidatonya, Xanana menjabarkan 17 poin dalam 120 hari pertama masa pemerintahannya.

1. Mengembalikan legalitas demokrasi di Timor Leste

Target 120 Hari Pertama Xanana Gusmao Sebagai PM Timor LestePresiden Timor Leste, Jose Ramos-Horta saat melantik PM Xanana Gusmao pada Sabtu (1/7/2023). (IDN TImes/Alya Achyarini)

Dalam poin-poin yang dijabarkan Xanana, dia menyebut soal pengembalian legalitas demokrasi di Timor Leste melalui parlemen yang sah. Dia juga ingin agar Anggaran Perbaikan untuk tahun 2023 dan Anggaran Umum Negara untuk tahun 2024 disetujui.

Selain itu, dalam 17 poin itu disebutkan pula soal mengaudit kecurangan Pemilu, audit beberapa badan seperti Pengadilan Auditor, Komisi Pelayanan Publik, dan Kantor Inspektur Jenderal Negara.

Poin pidato Xanana juga menggemakan restrukturisasi dewan TIMOR GAP dan ational Petroleum and Minerals Authority (ANPM). Restrukturisasi Polisi Ilmiah untuk Investigasi Kriminal (PCIC) juga harus dilakukan.

Baca Juga: Pidato Lengkap Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao saat Dilantik

2. Total 17 poin dalam 120 hari pemerintahan Xanana

Target 120 Hari Pertama Xanana Gusmao Sebagai PM Timor LestePM Xanana Gusmao saat usai dilantik pada Sabtu (1/7/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Berikut adalah catatan lengkap 170 poin pemerintahan Xanana di Timor Leste.

1- Mengembalikan legalitas demokrasi, melalui Parlemen yang sah, yang telah memulai Badan Legislatif VI-nya, dan melalui Pemerintah yang sah untuk menyetujui Program Pemerintah 5 tahun, menyetujui Anggaran Perbaikan untuk tahun 2023 dan menyetujui Anggaran Umum Negara untuk tahun 2024. Ini juga akan berusaha untuk merevisi semua undang-undang, untuk mengkonsolidasikan Negara:

2- Mencabut UU no. 3/2014 menciptakan Daerah Administratif Khusus Oe-Cusse Ambeno (SAROA) dan Zona Khusus untuk Ekonomi Pasar Sosial (ZEEMS), untuk menempatkan Kewenangan SAROA di bawah kontrol yang lebih efektif oleh Pemerintah pusat, bahkan setelah sembilan tahun lamanya tujuan yang dijelaskan dalam hukum penciptaan ZEEMS tidak digariskan dengan jelas, dan untuk melanjutkan dengan audit segera atas semua kegiatannya, termasuk proses akuisisi "Ro Haksolok yang mahal;

3-Membatalkan Undang-Undang yang membentuk Kotamadya Ataúro, untuk ketiadaan total infrastruktur dan kondisi logistik di pulau Ataúro, termasuk jalan, listrik, air, pelabuhan dan bandara;

4- Melakukan audit Pengadilan Auditor, Komisi Anti-Korupsi dan Kejaksaan, tentang implementasi program dan kurangnya proses pengadaan untuk banyak proyek;

5- Audit Komisi Pelayanan Publik dan Kantor Inspektur Jenderal Negara tentang perekrutan ilegal dan kontrak yang diakhiri tanpa alasan;

6- Mengaudit kecurangan pemilu yang dilakukan oleh Penyelenggara Pemilu dalam Pemilu Parlemen baru-baru ini, untuk mengakhiri kepentingan yang dipertaruhkan dan mencegahnya terjadi lagi di masa depan demi menjaga Negara Hukum Demokrasi;

7- Segera restrukturisasi dewan TIMOR GAP dan National Petroleum and Minerals Authority (ANPM), untuk menjamin efisiensi tindakan di sektor minyak dan gas, yang sangat penting bagi pembangunan negara,

8- Restrukturisasi Polisi Ilmiah untuk Investigasi Kriminal (PCIC), karena kurangnya integritas dan profesionalisme;

9- Memantapkan perdamaian dan keamanan yang diperlukan untuk pembangunan nasional, memastikan hak-hak dasar, kebebasan dan jaminan setiap warga negara;

10- Segera merevisi proses ilegal pensiun paksa berlaku untuk puluhan anggota PNTL;

11- Segera reformasi dan restrukturisasi Nasional Intelijen, untuk menjamin integritas dan profesionalisme;

12- Peringatkan setiap petugas PNTL yang bersumpah untuk melayani partai tertentu bahwa mereka harus membatalkan sumpah itu atau meninggalkan PNTL:

13- Audit dan revisi, selalu sesuai kebutuhan, "kesepakatan" utama ditandatangani pada akhir amanat pemerintahan sebelumnya;

14- Menjamin ketersediaan segera setiap obat yang dibutuhkan oleh rumah sakit dan puskesmas;

15- Ubah makanan sekolah menjadi "panas" dan bergizi makanan untuk anak-anak;

16- Memperbaiki kondisi perawatan dan pengobatan bagi penyandang disabilitas di Pusat Rehabilitasi Nasional di Becora, dan mendirikan pusat serupa di setiap kotamadya:

17- Meninjau kebutuhan utama pemeliharaan jalan dan menstabilkan dasar sungai di seluruh negeri, untuk memulai pekerjaan rehabilitasi yang mendesak selama tahun depan.

3. Masa depan Timor Leste ada di tangan anak muda

Target 120 Hari Pertama Xanana Gusmao Sebagai PM Timor LestePM Xanana Gusmao, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Uni Lubis berjalan bersama sebelum pelantikan pada Sabtu (1/7/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Masih dalam pidatonya, Xanana berkata bahwa masa depan Timor Leste ada di tangan anak-anak muda. Dia pun mengajak kaum muda berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Timor Leste sekarang ini.

"Saya ingin mengajak kaum muda untuk berpartisipasi. Setiap generasi memiliki peran untuk dimainkan dalam tantangan berkelanjutan yang dihadapi negara kita. Kaum muda memiliki tugas untuk memikul beban dalam upaya baru dalam pembangunan negara kita, sehingga memperkuat nilai-nilai demokrasi kita," ujar Xanana.

"Pemuda adalah calon pemimpin masa depan bangsa ini. Itu mereka, melalui tindakan dan teladan mereka, yang dapat mengubah masyarakat kita dan ekonomi kita. Pemerintah ini berkomitmen untuk menciptakan kesempatan bagi kaum muda untuk meningkatkan keterampilan, pengalaman dan nilai-nilai mereka," sambung Xanana Gusmao.

Baca Juga: Fakta-Fakta Xanana Gusmao, Kembali Dilantik Jadi PM Timor Leste

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya