Comscore Tracker

[FOTO] Dahsyatnya Ledakan di Beirut yang Tewaskan Lebih dari 100 Orang

Seorang WNI jadi korban luka ringan dalam ledakan hebat itu

Jakarta, IDN Times - Korban tewas akibat ledakan gudang di dekat pelabuhan di Beirut telah mencapai angka 100 jiwa. Stasiun berita BBC, Rabu (5/8/2020) melaporkan 4.000 orang lainnya mengalami luka-luka. 

Ledakan hebat yang terjadi pada Selasa, 4 Agustus 2020 membuat seluruh penduduk Beirut terkejut. Sebab, getaran ledakan bisa terasa hingga ke negara Siprus. Sementara, asap membumbung tebal bisa terlihat dari pinggir pantai di area Pelabuhan Beirut. 

Kini petugas yang berwenang tengah melakukan pencarian terhadap sekitar 100 orang yang belum ditemukan. Menurut seorang saksi mata, Hadi Nasrallah yang menyaksikan tragedi memilukan itu tak menyangka akan terjadi ledakan besar. Ketika diwawancarai oleh BBC, ia mengaku sempat melihat ada kebakaran. 

"Lalu, tiba-tiba saya sempat tak bisa mendengar selama beberapa detik. Saya tahu sesuatu yang buruk sudah terjadi, lalu kaca-kaca mobil hancur, begitu juga mobil-mobil, pertokoan dan gedung perkantoran (ikut hancur)," ungkap Hadi. 

Sementara, Menteri Kesehatan Lebanon, Hamad Hassan mengatakan, banyak rumah sakit yang kekurangan tempat tidur dan peralatan kesehatan untuk merawat pasien yang alami luka ringan dan dalam kondisi kritis. Ia mengatakan dari korban yang berhasil diselamatkan, banyak yang merupakan anak. Tetapi, ia khawatir korban tewas bisa terus bertambah. 

Berikut beberapa foto yang menggambarkan dahsyatnya ledakan di Pelabuhan Beirut yang getarannya setara gempa bumi 3,3 skala richter:

1. Petugas medis berpacu dengan waktu mencari korban yang masih tertimpa puing-puing bangunan

[FOTO] Dahsyatnya Ledakan di Beirut yang Tewaskan Lebih dari 100 OrangPetugas berlomba dengan waktu menyelamatkan korban ledakan (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Azakir)

Baca Juga: Begini Kronologi Ledakan Hebat yang Hantam Beirut di Lebanon

2. Warga Lebanon berlari menjauhi titik pusat ledakan untuk menyelamatkan diri

[FOTO] Dahsyatnya Ledakan di Beirut yang Tewaskan Lebih dari 100 OrangWarga Lebanon berlari ketika mengetahui ada ledakan dahsyat (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Azakir)

3. Sisa-sisa bangunan di titik pusat ledakan di Beirut

[FOTO] Dahsyatnya Ledakan di Beirut yang Tewaskan Lebih dari 100 OrangAsap mengepul ke udara dari lokasi ledakan di Beirut, Lebanon, Selasa, 4 Agustus 2020 (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Azakir)

4. Asap hitam dan tebal membumbung ketika gudang yang berisi 2.700 ton amonium nitrat meledak

[FOTO] Dahsyatnya Ledakan di Beirut yang Tewaskan Lebih dari 100 OrangLedakan hebat di Beirut 4 Agustus 2020 (Tangkapan layar video di Twitter)

5. Kendaraan di sekitar titik ledakan hancur dan beterbangan

[FOTO] Dahsyatnya Ledakan di Beirut yang Tewaskan Lebih dari 100 OrangKerusakan akibat ledakan gudang bahan peledak di Beirut, Lebanon (ANTARA FOTO/REUTERS/pras)

6. Petugas pemadam kebakaran bergegas ke lokasi untuk memadamkan api

[FOTO] Dahsyatnya Ledakan di Beirut yang Tewaskan Lebih dari 100 OrangDampak kerusakan akibat ledakan gudang bahan peledak di Beirut, Lebanon (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Azakir/pras)

Baca Juga: PM Lebanon akan Proses Hukum Pihak yang Sebabkan Ledakan di Beirut

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya