Comscore Tracker

[FOTO] Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Resmikan Kereta MRT Bangkok

Bawahan bersimpuh di lantai, sedangkan Raja duduk di bangku

Jakarta, IDN Times - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dan Ratu Suthida pada Sabtu, 14 November 2020 lalu kembali muncul di ruang publik di tengah aksi protes agar sistem kerajaan di sana direformasi. Pada akhir pekan lalu, pasangan kerajaan itu meresmikan pembukaan jalur baru kereta MRT di Bangkok. 

Harian Bangkok Post melaporkan jalur yang diresmikan adalah jalur biru. Pemandangan yang menarik di dalam gerbong MRT itu yakni beberapa pejabat dengan mengenakan seragam duduk di lantai kereta. Sedangkan, pasangan kerajaan duduk di bangku di gerbong. 

Acara peresmian jalur baru kereta MRT turut dihadiri oleh orang-orang yang loyal terhadap Raja Thailand. Meski Raja Maha Vajiralongkorn kerap membuat kontroversi, tetapi, Raja tetap sangat dihormati di Thailand. 

Di sisi lain, demonstran pro-demokrasi berunjuk rasa di pusat ibu kota Bangkok. Mereka ingin menunjukan penolakan secara langsung terhadap struktur kekuasaan di kerajaan. 

Sebagai bentuk protes, para demonstran mengangkat tiga jari mereka sebagai simbol untuk menyatukan sebuah gerakan revolusi. Gerakan serupa dipopulerkan di novel dan film Hunger Games. 

Penghormatan dengan simbol itu menjadi hal yang umum dilakukan oleh kelompok pro demokrasi di Bangkok dalam beberapa pekan terakhir ini. Simbol serupa juga pernah digunakan oleh partai oposisi, Partai Future Forward yang dibubarkan pada 2018 lalu. Berikut beberapa foto yang menunjukkan bagaimana proses seremoni pembukaan jalur biru MRT di Bangkok: 

1. Raja dan Ratu Thailand duduk di bangku gerbong MRT sambil melambaikan tangan ke publik

[FOTO] Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Resmikan Kereta MRT BangkokRaja Thailand Maha Vajiralongkorn dan Ratu Suthida naik MRT saat peresmian stasiun kereta bawah tanah baru di Bangkok pada 14 November 2020 (ANTARA FOTO/Royal Household Bureau/Handout via REUTERS)

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Kamu Tahu soal Protes Anti-Pemerintah di Thailand

2. Raja Maha Vajiralongkorn melambaikan tangan ketika tiba di stasiun kereta MRT untuk membuka jalur baru

[FOTO] Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Resmikan Kereta MRT BangkokRaja Thailand Maha Vajiralongkorn dan Ratu Suthida disambut oleh publik ketika tiba di stasiun MRT di Bangkok (ANTARA FOTO/Royal Household Bureau/Handout via REUTERS)

3. Demonstran menunjukkan salam tiga jari sebagai bentuk protes kepada Raja Thailand

[FOTO] Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Resmikan Kereta MRT BangkokDemonstran yang menuntut reformasi Kerajaan Thailand menunjukkan salam tiga jari (Kantor berita EPA)

4. Raja Maha Vajiralongkorn yang penuh kontroversial melambaikan tangan ke para pendukungnya

[FOTO] Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Resmikan Kereta MRT BangkokRaja Thailand Maha Vajiralongkorn menyapa pendukung, saat ia meresmikan stasiun kereta bawah tanah di pinggiran kota Bangkok, Thailand (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

5. Seorang demonstran anti-monarki mengenakan kostum ala drama 'Money Heist' dan menuntut agar dilakukan reformasi Kerajaan Thailand

[FOTO] Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Resmikan Kereta MRT BangkokSeorang demonstran anti-monarki mengenakan masker Salvador Dali 'Money Heist' menuntut adanya reformasi kerajaan (Kantor berita EPA)

Baca Juga: Disebut Raja Terkaya Sedunia, dari Mana Sumber Kekayaan Raja Thailand?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya