Gara-Gara Badai Pasir di Saudi, Kain Kiswah Ka'bah Tersingkap 

Badai pasir diprediksi terus terjadi pada Senin malam

Jakarta, IDN Times - Bagi jemaah haji asal Indonesia yang tengah beribadah sebaiknya berhati-hati. Sebab, badai pasir tengah melanda di sepanjang area Mekkah, Arab Saudi sejak Minggu (19/8). 

Bahkan, kain kiswah yang terbuat dari sutera dan dihiasi ayat-ayat Al-Quran serta dijahit menggunakan benang emas tersingkap saat dihantam badai pasir. Hal itu sempat membuat jemaah yang tengah beribadah di sana merasa terkejut. 

Apalagi menurut prediksi Badan Meteorologi dan Perlindungan Lingkungan setempat, badai pasir dan hujan masih akan mengantam kota suci dan Mekkah hingga Senin malam (18/8). 

Lalu, bagaimana kondisi jemaah haji Indonesia yang tengah beribadah di sana? 

1. Ratusan ribu calon jemaah haji Indonesia sudah bergerak ke Arafah

Gara-Gara Badai Pasir di Saudi, Kain Kiswah Ka'bah Tersingkap Menag Lukman Hakim Saifuddin bersama jemaah haji 2018 (Kemenag.go.id)

Menurut data dari Kementerian Agama, pada Minggu (19/8) sekitar 221 ribu calon jemaah haji asal Indonesia sudah mulai bergerak ke Padang Arafah di Arab Saudi untuk melakukan rukun haji wukuf di tenda-tenda yang telah disiapkan. Wukuf Arafah dijadwalkan akan dilakukan pada hari ini.

Selama berada di sana, calon jemaah haji asal Indonesia akan mendengarkan khotbah dari penceramah yang telah ditunjuk. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin turut meninjau langsung untuk memastikan semua fasilitas siap digunakan oleh calon jemaah haji Indonesia.

"Jangan sampai ada jemaah yang tertinggal. Petugas haji harus memastikan betul seluruh jemaah sudah berada di Arafah pada 19 Agustus," ujar Lukman seperti dikutip kantor berita Antara pada Minggu kemarin.

Selain dari Indonesia, akan ada sekitar 3 juta jemaah lain dari negara lain yang berkumpul di Padang Arafah.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Hingga 50 Derajat, 57 Jemaah Haji Indonesia Meninggal

2. Sempat ada kerusakan minim akibat badai pasir pada hari Minggu

Menurut juru bicara Direktorat Pertahanan Sipil, Kolonel Muhammad Al-Qamash, badai pasir di Arafah tidak akan mengganggu proses ibadah haji yang tengah berlangsung.

"Memang ada sedikit kerusakan pada tenda para jemaah haji tapi sudah diperbaiki. Kondisi secara keseluruhan di Tanah Suci dalam kondisi amat stabil," ujar Al-Qamash seperti dikutip dari Saudi Gazzette pada hari ini.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada para calon jemaah agar tetap mengikuti instruksi yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi.

3. Sebanyak 92 calon jemaah haji asal Indonesia sudah meninggal dunia di Saudi

Gara-Gara Badai Pasir di Saudi, Kain Kiswah Ka'bah Tersingkap ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sementara, berdasarkan data dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada Minggu kemarin, sebanyak 92 calon jemaah haji asal Indonesia tercatat telah meninggal dunia. Sementara, 212 orang lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah dan RS Arab Saudi.

Kementerian Agama juga akan menjamin badal haji jemaah yang meninggal sebelum dilakukan proses haji. Keluarga almarhum atau almarhumah akan diberi sertifikat badal haji tersebut.

Baca Juga: Kasus Haji Ilegal Terjadi Berulang dan Terorganisir, Begini Modusnya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya