Comscore Tracker

Meghan Markle dan Pangeran Harry Lepas Gelar 'Yang Mulia'

Harry dan Meghan memutuskan jadi orang biasa

Jakarta, IDN Times - Istana Buckingham pada akhir pekan kemarin membuat pengumuman yang mengejutkan. Mereka mengumumkan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle tak akan menggunakan gelar 'Yang Mulia.' atau "His/Her Royal Highness". Pasangan itu juga tak akan secara resmi mewakil Ratu Elizabeth II lagi saat bertugas. 

Pengumuman ini sungguh mengejutkan karena belum pernah terjadi sebelumnya di dalam sejarah Kerajaan Inggris. Stasiun berita BBC edisi Minggu (19/1) kemarin melaporkan, dengan dicopotnya gelar resmi kerajaan, maka Harry dan Meghan tak lagi menerima pendanaan dari publik. Mereka akan bekerja secara independen untuk memenuhi kebutuhannya. 

Bahkan, pasangan yang diberi gelar Duke and Duchess of Sussex akan kembali membayar pajak rakyat Inggris senilai 2,4 juta Poundsterling atau setara Rp42,6 miliar yang sempat digunakan untuk merenovasi Frogmore Cottage yang berlokasi dekat dengan Istana Windsor. Namun, cottage itu nantinya tetap digunakan sebagai rumah bagi Keluarga Kerajaan Inggris. 

Pernyataan itu dirilis oleh Istana Buckingham usai Ratu Elizabeth II bertemu dengan Meghan dan Harry pada Senin pekan lalu (13/1). Ratu memilih berdialog lantaran keduanya telah merilis pernyataan ke publik akan mundur sebagai anggota senior Keluarga Kerajaan. 

Lalu, pekerjaan macam apa yang akan dilakoni oleh Meghan dan Harry usai melepas titel 'Yang Mulia'?

1. Ratu Elizabeth mengaku sudah berkomunikasi selama berbulan-bulan sebelum akhirnya mencopot titel kerajaan bagi Meghan dan Harry

Meghan Markle dan Pangeran Harry Lepas Gelar 'Yang Mulia'instagram.com/theroyalfamily

Di dalam pernyataan tertulisnya yang dirilis oleh Istana Buckingham, tempat Ratu Elizabeth II tinggal, ia mengatakan keputusan itu diambil usai berdiskusi selama berbulan-bulan, termasuk pembicaraan pada Senin pekan lalu. Ratu Elizabeth mengaku bahagia bisa menemukan cara yang konstruktif untuk mendukung cucunya, Harry dan keluarganya. 

"Harry, Meghan, dan Archie, akan selalu menjadi anggota keluarga yang dicintai oleh keluarga kami," demikian pernyataan Ratu Elizabeth II. 

Ia mengucapkan terima kasih atas dedikasinya selama ini menjadi bagian dari anggota senior keluarga kerajaan. Ratu Elizabeth juga memuji Meghan yang begitu cepat bisa masuk ke dalam keluarga kerajaan. 

Namun, menurut koresponden keluarga kerajaan BBC, Daniela Relph, apa yang ini tengah dihadapi oleh Harry dan Meghan, bukan saja sekedar mundur dari sorotan publik sebagai anggota keluarga kerajaan. 

"Ini bukan sekedar mundur, tapi memutuskan sepenuhnya pergi dari keluarga kerajaan," ujar Relph. 

Baca Juga: Anggota Kerajaan Inggris Kecewa, Harry-Meghan Ingin Jadi Warga Biasa

2. Walau jadi warga biasa, Meghan dan Harry tetap akan menghadiri kegiatan serta memegang teguh nilai keluarga Kerajaan Inggris

Meghan Markle dan Pangeran Harry Lepas Gelar 'Yang Mulia'instagram.com/dukeandduchessofsussexdaily

Stasiun berita BBC menjelaskan apa peran baru yang akan diemban oleh Meghan dan Harry usai mereka mundur sebagai anggota keluarga kerajaan, akan disampaikan nanti. 

"Informasi mengenai peran dan pekerjaan dari Duke dan Duchess of Sussex akan diperbarui melalui situs ini," demikian yang tertulis di situs Harry dan Meghan. 

Istana Buckingham juga memastikan keduanya tetap akan melanjutkan peran mereka dalam acara-acara yang sifatnya tertutup seperti kegiatan Liga Sepakbola Rugby, perlindungan dan konservasi badak bercula di Bostwana, dan kegiatan sosial lainnya. 

Namun, Istana enggan berkomentar mengenai biaya pengaturan keamanan bagi pasangan itu. Seperti yang diketahui walaupun keduanya bukan lagi anggota senior Kerajaan Inggris, namun pengamanan keamanan tetap tak boleh kendor. Biaya itu dipastikan tidak murah. 

3. Pangeran Harry khawatir Meghan akan bernasib sama seperti Putri Diana yang tewas karena dikejar paparazi di Pancis

Meghan Markle dan Pangeran Harry Lepas Gelar 'Yang Mulia'instagram.com/sussexroyal

Dalam perbincangan dengan media pada pekan lalu, Pangeran Harry mengakui sulit untuk melindungi istrinya, Meghan dari sorotan media yang begitu tajam. Selain itu, menjalani peran sebagai anggota senior Keluarga Kerajaan diakui juga tidak mudah. Oleh sebab itu, usai melalui renungan dan diskusi yang panjang, maka keduanya memutuskan untuk mundur sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. 

Sejak Meghan masuk ke dalam keluarga Kerajaan, ia mendapat sorotan yang begitu tajam. Dimulai dari statusnya yang pernah menikah dan usianya yang lebih tua dari Harry. Belum lagi ia dilahirkan dari keluarga yang berada di luar Inggris dan keturunan Amerika-Afrika. Rekam jejak keluarga Meghan juga ditelusuri dengan detail. 

Oleh sebab itu, Harry khawatir istrinya akan bernasib sama dengan mendiang ibu, Putri Diana yang tewas dikejar-kejar paparazi ketika berada di Paris. Harry dan Meghan juga mengajukan gugatan hukum kepada tabloid Mail on Sunday karena telah mempublikasikan surat pribadinya yang dikirim kepada sang ayah, Thomas Markle. Surat pribadi itu ditulis oleh Meghan pada Mei 2018 lalu. 

Namun, akibat gugatan hukum itu, justru diprediksi Meghan harus berhadapan dengan ayahnya di pengadilan nanti. Sebab, bisa saja terbuka kemungkinan Thomas harus hadir untuk memberikan kesaksiannya. 

Baca Juga: Walau Tampak Sederhana, 10 Outfit Meghan Markle Ini Berharga Fantastis

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya