Presiden Erdogan Kunjungi Jokowi Tahun Depan, RI Bakal Lobi Investasi

Erdogan akan bahas Dewan Strategis Tingkat Tinggi

Jakarta, IDN Times - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan direncanakan akan menyambangi Indonesia pada 2021. Kunjungan Erdogan ke Jakarta merupakan kunjungan balasan usai mantan Wali Kota Solo itu sempat menyambangi Turki pada 2017. Bahkan, tiga tahun lalu, Jokowi juga sempat merekam video blog dengan Erdogan di sela-sela kunjungan kenegaraannya. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Selasa (22/12/2020) menyampaikan hal itu ketika menerima kunjungan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di kantor Kemlu, Jakarta Pusat. 

"Kunjungan (Erdogan) ini akan menandai peningkatan hubungan Indonesia-Turki ke tatanan baru," ungkap Menlu perempuan pertama di Indonesia itu ketika memberikan keterangan pers. 

Retno mengatakan fokus kunjungan Erdogan ke Jakarta salah satunya menjajaki pembentukan Dewan Strategis Tingkat Tinggi kedua negara. Dewan ini, kata Retno, akan dijadikan forum bagi pemimpin dua negara untuk membahas secara reguler berbagai isu bilateral, regional, dan multilateral yang menjadi kepentingan bersama. 

Kerja sama apa saja yang sejauh ini sudah dibina antara Turki dengan Indonesia?

1. Menlu Retno ikut promosikan UU Cipta Kerja untuk tarik calon investor dari Turki

Presiden Erdogan Kunjungi Jokowi Tahun Depan, RI Bakal Lobi InvestasiMenteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 9 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Di dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Turki, Retno turut menyambut secara positif minat dari calon investor Turki yang ingin membenamkan dananya di Indonesia. Ia mengatakan saat ini ada beberapa proyek yang melibatkan investor dari Turki. Beberapa proyek yang tengah dibahas antara lain di bidang perkapalan, pertanian, dan infrastruktur.

"Saya juga menyampaikan kepada Menteri Luar Negeri Turki mengenai UU Cipta Kerja yang baru saja diberlakukan, yang saya yakini dapat menciptakan iklim investasi yang semakin kondusif bagi investasi Turki di Indonesia," kata Retno.

Baca Juga: Presiden Erdogan Jadi Olok-olok di Sampul Depan Majalah Charlie Hebdo

2. Indonesia dan Turki tengah menjajaki kerja sama untuk membangun peluncuran roket

Presiden Erdogan Kunjungi Jokowi Tahun Depan, RI Bakal Lobi InvestasiMenteri Luar Negeri Retno Marsudi (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Di dalam pertemuan dengan Menlu Turki, Retno mengatakan turut dibahas soal peluang kerja sama pembangunan tempat peluncuran roket (spaceport building), satelit, dan kendaraan peluncur satelit. Pemerintah kedua negara juga sepakat melakukan kerja sama di bidang industri dirgantara, mobil elektrik, dan teknologi medis, serta farmasi.

"Terkait dengan kerja sama teknologi dan industri, sejak Juni lalu, pembicaraan intensif telah dimulai kedua negara untuk bekerja sama di bidang: industri dirgantara, mobil elektrik, tempat peluncuran roket, satelit dan kendaraan peluncur satelit ," perempuan yang sempat menjadi Duta Besar di Kerajaan Belanda dan Norwegia itu. 

3. Indonesia dan Turki tengah merampungkan negosiasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif

Presiden Erdogan Kunjungi Jokowi Tahun Depan, RI Bakal Lobi InvestasiPresiden Joko "Jokowi" Widodo dan Presiden Recep Tayyip Erdogan saat ngevlog (Tangkapan layar YouTube Presiden)

Turki dan Indonesia, kata Retno, juga tengah merampungkan negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (IT CEPA). Ia memaparkan kedua negara menargetkan perundingan IT CEPA rampung pada 2021.

Retno juga secara khusus menyoroti pentingnya kerja sama bilateral kedua negara terutama dalam sejumlah proyek infrastruktur di Indonesia yang berlangsung menggunakan skema Public Private Partnership (PPP).

Baca Juga: Presiden Erdogan: Wali Kota Risma adalah Inspirasi Perempuan Turki

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya