Alissa Wahid: Eskalasi Iran-Israel Dapat Pengaruhi Sosial-Politik Dunia

Konflik Iran-Israel

Jakarta, IDN Times - Ketua Jaringan GusDurian Alissa Wahid memprediksi aspek sosial-politik dunia akan terpengaruh jika Israel membalas kembali serangan Iran. Hal ini disampaikan dalam program Ngobrol Seru: Dampak Konflik Iran-Israel ke Ekonomi RI, oleh Eisenhower Fellowships Indonesia Alumni Chapter x IDN Times, Senin (15/4/2024).

"Jadi kalau mengharapkan tidak terjadi eskalasi, kalau Israel tetap membalas, mau tidak mau AS juga akan tetap berpihak," kata Alissa Wahid dalam program Ngobrol Seru di YouTube IDN Times, Senin (15/4/2024).

Baca Juga: Duh, Serangan Iran ke Israel Berpotensi Tekan Neraca Dagang RI!

1. Iran sudah menyatakan balasan terakhir

Alissa Wahid: Eskalasi Iran-Israel Dapat Pengaruhi Sosial-Politik DuniaNgobrol Seru Konflik Iran-Israel dan Dampaknya ke Ekonomi RI. (dok. YouTube IDN Times)

Alissa Wahid menjelaskan bahwa sebenarnya Iran sudah menyatakan selesai dengan balasan perbuatan Israel kepada konsulat mereka. Namun, serangan ini akan kembali dilakukan apabila Israel terus-menerus menyerang Iran. 

"Kalau Israel akan terus membalas iran, AS pasti akan memilih ikut terlibat. Nah makanya bagaimana ini tidak terjadi eskalasi, kayaknya kok saya menduganya masih (terjadi eskalasi), kita harus bersiap-siap akan hal itu," ujarnya.

Baca Juga: Yordania Tembak Drone Iran, Mulai Bantu Israel?

2. Paradigma muslim yang anti terhadap aliran syiah akan lebih terbuka

Alissa Wahid: Eskalasi Iran-Israel Dapat Pengaruhi Sosial-Politik DuniaNgobrol Seru Konflik Iran-Israel dan Dampaknya ke Ekonomi RI. (dok. YouTube IDN Times)

Alissa menjelaskan, Iran pada dasarnya selalu bersaing dengan Arab Saudi. Menurutnya, konflik ini justu membantu memberikan sentimen baik pada publik muslim yang anti-syiah. 

"Posisi Iran sekarang melawan Israel, orang Indonesia sudah frustasi karena Palestina butuh dibela, lalu Iran muncul sekarang dianggap sebagai hero," ucapnya.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tanggapi Isu di Timur Tengah Usai Serangan Rudal Iran

3. Boikot produk Israel berpotensi kembali ramai usai konflik dengan Iran

Alissa Wahid: Eskalasi Iran-Israel Dapat Pengaruhi Sosial-Politik DuniaFoto yang diambil pada 13 April 2024 ini menunjukkan pemandangan jalan yang kosong setelah otoritas Israel mengeluarkan peringatan keselamatan di Tel Aviv, Israel. Pihak berwenang Israel mengatakan bahwa sekolah-sekolah akan ditutup secara nasional mulai Sabtu malam karena ancaman serangan Iran. (Xinhua/Chen Junqing)

Alissa memprediksi bahwa netizen-netizen Indonesia yang terbakar amarah akan menggalakkan kembali pemboikotan produk Israel. 

"Posisi israel menyerang Iran yang adalah negara muslim, saya memprediksi bahwa akan kembali bermunculan boikot produk israel," jelasnya.

Baca Juga: Iran Serang Israel, China: Tenang dan Tahan Diri

Topik:

  • Dheri Agriesta
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya