14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Family

Siapa bilang makan tinggal suap?

Westminster, IDN Times - Jika kamu pikir menjadi bagian dari Royal Family itu enak dan selalu bepergian ke luar negeri, sepertinya kamu harus berpikir ulang. Anggota Royal Family harus mengikuti sejumlah aturan sopan santun untuk menjaga reputasi dan nama baik istana.

Ada beberapa aturan kecil namun penting yang mengatur bagaimana kamu harus duduk, memberi salam, dan bahkan memegang cangkir teh. Apa saja yang aturan yang harus kamu ikuti untuk bisa berperilaku seperti anggota Royal Family?

1. Jika kamu perempuan, kamu harus duduk dengan kaki menyatu dan tak boleh terbuka lebar

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familycaras.sapo.pt

Salah satu aturan dasar yang harus diikuti oleh anggota Royal Family perempuan, mereka harus duduk dengan kaki yang menyatu dan tak boleh menyilang, apa lagi terbuka lebar. Kedua lutut harus menyatu, menyilangkan kaki diperbolehkan selama hanya sebatas mata kaki.

Jika kamu memperhatikan Duchess of Cambridge, Kate Middleton, ia tak pernah membuka kakinya lebar-lebar ketika sedang duduk. Justru gestur kebangsawanannya membuat kakinya nampak lebih jenjang.

2. Sikap hormat harus selalu nampak ditunjukkan, apalagi jika sedang berdiri atau berjalan

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familyokmagazine.ro

Sikap hormat bangsawan Inggris tak perlu sampai membungkuk, cukup silangkan salah satu kakimu ke belakang, tekuk lututmu, dan anggukkan kepala perlahan. Meski pun begitu, sikap hormat mendalam juga perlu dilakukan untuk menyimbolkan respek dan formalitas, contohnya saat bertemu dengan Ratu Elizabeth.

3. Mengenakan pakaian formal yang sopan namun tetap fashionable

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familymirror.co.uk

Royal Family selalu berpakaian fashionable tapi tetap tak melupakan unsur sederhana yang tetap berkelas. Ratu Elizabeth sendiri dikenal dengan setelannya yang selalu berwarna cerah di setiap kesempatan. Kate Middleton sendiri lebih menyukai gaya berpakaian yang memiliki motif dan tekstur. Meski pun berbeda, namun mereka berdua memiliki kesamaan: cara berpakaian mereka sederhana namun tetap berkelas.

4. Belahan dada adalah salah satu bagian tubuh yang harus ditutupi

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familyyahoo.com

Jarang kita lihat ada anggota Royal Family yang berbusana dengan memperlihatkan belahan dadanya. Putri Diana adalah salah satu orang yang 'berani' dalam berpakaian, meski pun begitu, jika ia keluar dari mobil ia akan langsung menutupi dadanya dengan tas dan tak ingin memberi banyak foto kepada paparazzi.

5. Pakai tiara atau mahkota pun ada aturannya, tak sembarang letak di kepala saja

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familyvanityfair.com

Perkembangan gaya tiara atau mahkota selalu mengikuti zaman. Pemakaian tiara di kepala anggota Royal Family harus ada di sudut 45 derajat jika dilihat dari samping. Perhiasan kerajaan akan dipakaikan kepada anggota Royal Family untuk menunjukkan bahwa ia sekarang adalah anggota kerajaan.

6. Dilarang bermain Monopoli

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familybusinessinsider.sg

Monopoli adalah salah satu permainan klasik yang hampir dimainkan setiap orang. Tapi Royal Family punya aturan untuk tak memperbolehkan anggota keluarganya untuk bermain monopoli karena dianggap terlalu 'kejam'.

7. Semua anggota Royal Family harus masuk ruangan, berdiri, dan duduk sesuai urutan di tahta kerajaan

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familythetrimmag.com

Ketika sedang menjalani sebuah prosesi, para anggota Royal Family akan masuk dan duduk sesuai dengan urutan mereka di tahta kerjaan. Biasanya yang lebih dulu masuk adalah Ratu Elizabeth II, sang suami the Duke of Edinburgh (Pangeran Philip), the Prince of Wales & the Duchess of Cornwall (Pangeran Charles & istri, Camilla), the Prince & Duchess of Cambridge (Pangeran William & Kate Middleton), dan baru anggota keluarga lainnya menyusul.

8. Memegang cangkir teh juga nggak bisa sembarangan, ada aturannya

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familypinterest.com

Anggota Royal Family dikenal sebagai pecinta teh. Jadi penting bagi mereka untuk tahu bagaimana cara memegang  dan menagangkat cangkir teh dengan sempurna seperti layaknya seorang bangsawan.

Caranya, mereka menggunakan ibu jari dan telunjuk untuk memegang handle cangkir, sementara jari tengah menyangga bagian bawah cangkir. Mereka juga minum dari sudut yang sama, sehingga noda lipstik tak merata di permukaan cangkir.

9. Tak boleh sembarangan pegang peralatan makan jika sedang mengikuti perjamuan

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familytheguardian.com

Royal Family benar-benar menyikapi serius soal tata cara saat makan. Pisau dipegang di tangan kanan dan garpu di tangan kiri menghadap bawah. Kamu juga nggak boleh menusuk makanan, namun harus meletakkan makanan ke punggung garpu dan baru boleh memakannya.

Nggak ada tuh adegan kepalamu turun ke bawah mendekati makanan, yang ada makanan yang harus mendekatimu. Kepala harus steady dan stabil, tak boleh banyak tolah-toleh kanan kiri.

Ribet nggak tuh?

10. Kamu nggak boleh meninggalkan meja makan dalam keadaan berantakan

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familymirror.co.uk

Kalau kamu mau ke toilet saat sedang menghadiri perjamuan, tak perlu terang-terangan memberitahu semua orang. Cukup dengan "Excuse me," dan pergi dengan tenang. Jika kamu ke toilet tapi belum selesai makan, peralatan makanmu harus kamu silang sehingga piringmu tak akan diambil staf kerajaan.

Kalau kamu sudah selesai makan, letakkan peralatan makanmu seperti membentuk jam 4.20 sehingga staf kerajaan bisa tahu.

11. Kamu harus melipat serbet makanmu jadi dua, agar pakaianmu tak kotor kena makanan

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal FamilyDutourdumonde Photography/Shutterstock

Aturan ini dibuat agar wajah dan pakaianmu tetap bersih saat sedang makan. Kamu harus melipat serbet jadi dua, sisi pertama untuk mengelap mulut yang kotor, sisi yang bersih untuk diletakkan dipangku menghadap pakaian sehingga pakaianmu tak kotor.

12. Berjabat tangan pun juga nggak boleh sembarangan, karena bisa menunjukkan kepribadian

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familybusinessinsider.com

Jika kamu anggota bangsawan, kamu harus berjabat tangan dengan melakukan kontak mata terhadap orang yang kamu ajak berjabat tangan. Genggam tangan mereka dengan kuat namun jangan berlebihan, goyangkan dua kali dan jangan lupa senyum sederhana ala Royal Family.

13. Turun tangga harus dengan penuh kesopanan dan kharisma khas bangsawan yang menawan

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familydailymail.co.uk

Laki-laki anggota Royal Family akan menggenggam pasangan mereka untuk turun tangga, terlebih jika pada acara formal. Jika ada pegangan tangga, mereka hanya akan menyentuhnya dan tidak menggenggamnya.

14. Salah satu aturan yang bisa dibilang cukup susah, anggota Royal Family dilarang keras makan kerang atau tiram

14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Familyhauteliving.com

Ini adalah tradisi leluhur yang hingga kini masih dijalankan anggota Royal Famiy. Mereka menghindari untuk makan kerang agar tak keracunan. Hanya Ratu Elizabeth yang masih menjalankan aturan ini, sedangkan beberapa anggota Royal Family lainnya tak perlu menjalankannya.

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya