Comscore Tracker

Di Tiongkok, Wajah Penunggak Hutang Akan Dipajang di Reklame

Biar jera nih

Gimana rasanya jika temanmu berhutang namun selalu berusaha menghindari kewajibannya? Pasti sangat menjengkelkan! Mungkin hampir setiap orang pernah merasakan pengalaman yang sama. Nah, di Tiongkok ada sebuah cara unik untuk membuat orang yang menunggak hutang agar merasa jera, yakni dengan memajang foto mereka pada sebuah reklame besar.

Pengadilan menetapkan sebuah hukuman untuk menimbulkan rasa malu bagi si penunggak

Di Tiongkok, Wajah Penunggak Hutang Akan Dipajang di Reklamelawprofessors.typepad.com

Pengadilan Kota Xi’an, Tiongkok, memberlakukan aturan untuk memajang foto para penunggak hutang yang belum memenuhi kewajibannya berdasarkan putusan pengadilan. Sebelumnya, para penunggak hutang harus mendapatkan pemberitahuan tentang kewajiban yang harus mereka penuhi. Jika belum juga diindahkan, maka kreditur dapat memajang foto debitur pada sebuah papan reklame besar selama 5 hari.

Reklame besar tersebut terletak area yang ramai

Di Tiongkok, Wajah Penunggak Hutang Akan Dipajang di Reklamecnn.com

Reklame tersebut terletak di kota besar seperti di Shanghai dan 13 distrik di kota Xi’an yang selalu ramai oleh lalu-lalang kendaraan maupun pejalan kaki. Bukan hanya wajah yang ditampilkan, melainkan juga beberapa informasi pribadi si penunggak, seperti nama, alamat, nomor identitas, kasus, hingga jumlah hutang yang harus dilunasi.

Duh, kebayang gak sih malunya gimana?

Tidak hanya itu, pemerintah juga telah menerapkan beberapa sanksi bagi penunggak hutang

Di Tiongkok, Wajah Penunggak Hutang Akan Dipajang di Reklamethebalance.com

Selain menerapkan aturan konvensional seperti membekukan aset dan menjual aset penunggak hutang, beberapa aturan kerap diberlakukan bagi debitur, seperti tidak dapat menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah swasta, menginap di hotel mewah, atau pergi berlibur.

Selain itu, mereka juga sangat diawasi untuk membeli tiket angkutan umum. Dilansir dari The Telegraph, hampir 4 juta orang dilarang untuk membeli tiket pesawat dan sebanyak hampir 900.000 orang tidak dapat membeli tiket kereta.

Namun pro dan kontra selalu mewarnai penerapan sebuah aturan

Di Tiongkok, Wajah Penunggak Hutang Akan Dipajang di Reklamegbtimes.com

Beberapa orang mungkin beranggapan dengan memajang foto debitur pada sebuah reklame dan dilihat oleh banyak orang, dapat menimbulkan rasa jera dan malu bagi si penunggak hutang.

Namun menurut Professor Hu Xingdou dari Institut Teknologi Beijing, mengungkapkan identitas penunggak hutang kepada publik dapat berpotensi melanggar hak privasi seseorang. Lebih lanjut, Professor Hu berpendapat bahwa kondisi perekonomian Tiongkok saat ini sedang melambat, sehingga tentu sulit bagi para pelaku bisnis untuk bisa menghasilkan uang yang berimbas kepada kesulitan dalam mengembalikan hutang.

darajingga Photo Verified Writer darajingga

Underdog

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You