1 WNI Relawan MER-C Bakal Dievakuasi Keluar Gaza

1 WNI sedang menunggu proses bisa ke Rafah

Jakarta, IDN Times - Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Farid Zanzabil Al Ayubi, yang merupakan relawan MER-C bakal segera dievakuasi keluar dari Jalur Gaza. Farid saat ini sedang menunggu proses evakuasi untuk bisa menuju ke pintu perbatasan Rafah, Mesir.

“Semua masih di Gaza per hari ini (Senin kemarin). Satu akan dievakuasi ke Indonesia via Mesir,” kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, dalam pesan singkatnya, Selasa (28/11/2023).

Menurut Judha, nama Farid kini masih terus diupayakan agar bisa masuk ke dalam daftar nama yang diizinkan melintasi perbatasan Rafah.

1. Dua WNI relawan MER-C memilih tetap tinggal di Gaza

1 WNI Relawan MER-C Bakal Dievakuasi Keluar GazaDIrektur PWNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, dua WNI relawan MER-C lainnya yang bernama Fikri Rofiul Haq dan Reza Aldilla Kurniawan memilih untuk tetap tinggal di Gaza.

“Kemungkinan masih membutuhkan waktu untuk bisa menyeberang ke Rafah. Karena masuk ke daftar evakuasi itu memang prosesnya kompleks dan rumit karena melibatkan beberapa pihak dan kawasan,” lanjut Judha.

Judha juga menambahkan, proses ini belum tentu akan selesai pada hari ini.

Baca Juga: Sejumlah RS di Gaza Utara Belum Dapat Pasokan BBM

2. MER-C membenarkan 1 WNI akan dievakuasi

1 WNI Relawan MER-C Bakal Dievakuasi Keluar GazaKetua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad (Dok. MER-C)

Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Sarbini Abdul Murad membenarkan bahwa 1 relawannya akan dievakuasi dari Gaza.

“Iya, mau evakuasi ke luar Gaza. Tapi 2 orang tetap tinggal di Gaza. Rencana Farid yang akan dievakuasi ke Indonesia. Secara umum, memang lebih ke kondisi keamanan,” ucap Sarbini, lewat pesan singkatnya kepada IDN Times.

3. 3 WNI relawan MER-C sudah berada di Gaza selatan

Tiga WNI relawan MER-C ini sudah diungsikan ke selatan Gaza pekan lalu. Selama di selatan Gaza, 3 relawan MER-C ini tetap melakukan misi kemanusiaannya, sama seperti yang mereka lakukan di utara.

“Kami terus bergerak ke pasar dan akan mencari kebutuhan dan batuan untuk di sini. Kami sebisa mungkin distribusikan ke teman-teman yang membutuhkan di sini,” ucap salah satu relawan bernama Fikri, dikutip dari laman Instagram @mercindonesia.

Baca Juga: Sejumlah RS di Gaza Utara Belum Dapat Pasokan BBM

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya