123 WNI Berhasil Dievakuasi dari Lokasi Gempa Turki   

Evakuasi dilakukan dari empat titik terdampak

Jakarta, IDN Times - KBRI Ankara berhasil mengevakuasi 123 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdampak gempa 7,8 M yang mengguncang Turki, dua hari yang lalu.

“Alhamdulillah, sesuai perintah Presiden melalui Menlu RI, tim KBRI sudah tiba di lokasi gempa untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan dan mengevakuasi WNI yang terdampak ke Ankara. Saya sudah minta WNI yang dievakuasi untuk mengabari keluarga di Indonesia agar mereka tenang,” kata Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal, dalam keterangannya, Rabu (8/2/2023).

 

1. Evakuasi dilakukan dari lima wilayah terdampak gempa

123 WNI Berhasil Dievakuasi dari Lokasi Gempa Turki   Proses evakuasi WNI dari wilayah gempa di Turki. (dok. KBRI Ankara)

Tim KBRI Ankara yang terdiri dari Tim Konsuler Perlindungan WNI, Tim Atase Pertahanan dan Perbinlu (pejabat BIN) sudah melakukan evakuasi dari 4 titik paling terdampak gempa.

“Jumlah yang dievakuasi sebanyak 123 orang dari target semula 104 orang. Termasuk di dalamnya 2 WN Malaysia dan 1 WN Myanmar,” ucap Iqbal lagi.

Baca Juga: 20 Tahanan ISIS Kabur dari Penjara Usai Gempa Guncang Turki-Suriah 

2. Korban tewas terus bertambah

123 WNI Berhasil Dievakuasi dari Lokasi Gempa Turki   Bangunan hancur pasca gempa 7,8 yang guncang Turki. (Dok.Twitter Account of the Republic of Turkey Ministry of National Defense)

Korban gempa dahsyat Turki-Suriah terus bertambah menjadi 8.764 orang. Di Turki, tercatat ada 6.234 kematian dan di Suriah ada 2.530 kematian.

Sementara itu, 34.810 orang dilaporkan terluka di Turki dan 4.654 orang terluka di Suriah. Diyakini jumlah ini bisa terus bertambah, terutama di Suriah, karena banyak orang masih terjebak di bawah reruntuhan.

3. Banyak gempa susulan usai gempa utama

123 WNI Berhasil Dievakuasi dari Lokasi Gempa Turki   Gempa 7,8 M mengguncang Turki, Senin (6/2/2023). (dok.Official Twitter Account of the Republic of Türkiye Ministry of National Defence)

24 jam usai gempa utama, dilaporkan ada 100 gempa susulan berkekuatan minimal 4,0 M mengguncang Turki.

Menurut Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat, semakin lama waktu gempa utama, frekuensi dan besarnya gempa susulan cenderung menurun.

Namun, gempa susulan yang berkekuatan 5,0 hingga 6,0 M diperkirakan bakal merusak dan memperparah kondisi yang sudah terjadi saat ini akibat gempa utama.

Gempa susulan ini membentang lebih dari 300 kilometer di sepanjang zona patahan di selatan Turki, serta barat daya ke timur laut ke Suriah melalui Provinsi Malatya.

Baca Juga: Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Jadi 8.764 Orang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya