2 Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, 10 Awak Tewas

Helikopter ini sedang latihan HUT Angkatan Bersenjata

Jakarta, IDN Times - Sebanyak dua helikopter Angkatan Laut Malaysia bertabrakan di pangkalan angkatan laut di Lumut, Perak, pada Selasa (23/4/2024). Setidaknya, 10 orang tewas akibat insiden tersebut.

Kecelakaan bermula ketika helikopter lepas landas pada pukul 09.03 waktu setempat. Ketika sedang bermanuver, keduanya tiba-tiba bersinggungan. Hingga akhirnya, dua helikopter tersebut jatuh dan baling-balingnya patah. Helikopter operasi maritim HOM jatuh di tangga stadion, sementara Fennec jatuh di kolam.

"Helikopter operasi maritim HOM dan Fennec jatuh pada 09.32 pagi hari ini," kata pernyataan Angkatan Laut Kerajaan Malaysia (RMN), dikutip dari Channel News Asia, Selasa (23/4/2024).

1. Semua awak tewas

Sementara itu, Angkatan Laut Kerajaan Malaysia membenarkan semua awak helikopter itu tewas di tempat kejadian.

"Ada tujuh orang awak di helikopter HOM dan tiga di Fennec. Saat ini sedang dibawa ke rumah sakit untuk proses identifikasi jasad," tulis pernyataan tersebut.

Baca Juga: Militer Pakistan Bunuh 11 Teroris di Perbatasan Dekat Afghanistan

2. Helikopter terbang untuk latihan Hari Angkatan Laut

Kapolsek Perak, Mohd Yusri Hassan Basri, menuturkan penerbangan helikopter tersebut merupakan bagian dari latihan parade Hari Angkatan Laut Malaysia ke-90.

"Kami akan membentuk badan investigasi bersama Angkatan Laut untuk mengidentifikasi penyebab insiden tersbeut," ucap dia.

3. PM Malaysia sampaikan belasungkawa

Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, langsung menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban tabrakan helikopter tersebut.

"Tragedi ini membawa dampak yang sangat besar bagi keluarga Angkatan Bersenjata Malaysia. Kementerian Pertahanan akan segera melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut," kata Anwar.

Topik:

  • Satria Permana
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya