2 Perusahaan Rusia Siap Investasi di IKN Nusantara

Perusahaan ini bergerak di bidang smart city

Jakarta, IDN Times - Dua perusahaan asal Rusia, yang bergerak di bidang smart city, telah menyerahkan letter of intent (LoI) kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) pada pekan lalu di Balikpapan, Kalimantan Timur.

LoI merupakan langkah awal bagi perusahaan-perusahaan untuk berinvestasi dan berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Penyerahan yang difasilitasi oleh KBRI Moskow dengan dukungan oleh OIKN, BKPM dan Trade Representative Rusia di Jakarta ini disampaikan langsung kepada Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN, Indra Yuwana dan disaksikan oleh Wakil Duta Besar RI untuk Rusia dan Belarus, Berlian Helmy.

“KBRI Moskow terus mengupayakan agar perusahaan-perusahaan asal Rusia dan Belarus turut mengambil bagian pada pembangunan Nusantara. Nusantara adalah masa depan Indonesia,” kata Berlian, dalam keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (5/12/2023).

1. Delegasi Rusia sudah kunjungi IKN

2 Perusahaan Rusia Siap Investasi di IKN NusantaraMinat perusahaan Rusia untuk berinvestasi di IKN cukup tinggi. (dok. Kemlu RI)

Sebelumnya, delegasi asal Rusia ini telah melakukan kunjungan lapangan ke IKN Nusantara dan menyaksikan langsung pembangunan yang sudah terlihat sangat progresif.

Sejumlah titik peninjuan antara lain zero point, menara pandang, camping site, serta gedung pemerintahan inti, yakni istana negara dan kantor kementerian dan lembaga.

Selain peninjauan lapangan, delegasi juga melakukan pertemuan dengan perwakilan Kementerian Investasi/BKPM. Dalam pertemuan tersebut, kedua perusahaan kembali menyatakan keseriusannya untuk berinvestasi di Indonesia. BKPM pun menyambut baik dan siap memberikan fasilitasi yang maksimal agar investasi dapat segera terealisasi.

Baca Juga: Rusia Sebut LGBT sebagai Ekstremis, Semua Gerakannya Dilarang!

2. Diadakan forum bisnis Indonesia dan Rusia

2 Perusahaan Rusia Siap Investasi di IKN NusantaraMinat perusahaan Rusia untuk berinvestasi di IKN cukup tinggi. (dok. Kemlu RI)

Rangkaian kunjungan ditutup dengan partisipasi KBRI Moskow dan delegasi Rusia pada forum bisnis “Moscow-Jakarta: The Future of Cities" yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Moskow.

Forum bertujuan memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara dengan menitikberatkan pada exchange best practices khususnya cara berinvestasi di Indonesia.
Dalam forum tersebut, Wakeppri KBRI Moskow menyampaikan bahwa kedua negara adalah sahabat lama dan sudah selayaknya menjalin kerja sama ekonomi, terutama perdagangan, investasi dan pariwisata, terus ditingkatkan hingga mencapai potensi optimal.

Untuk itu, Berlian mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik di kalangan pemerintahan maupun bisnis, untuk dapat saling membantu guna mencapai tujuan bersama.

3. Banyak perusahaan Rusia berminat investasi di IKN

2 Perusahaan Rusia Siap Investasi di IKN NusantaraOtorita IKN bakal menjadikan pemukiman ini sebagai kampung budaya (IDN Times/Ervan)

KBRI Moskow akan terus mengupayakan peningkatan investasi Rusia dan Belarus, tidak hanya di Nusantara, namun juga di wilayah Indonesia lainnya.

Selain kedua perusahaan ini, sudah ada beberapa perusahaan Rusia lainnya di sektor renewable energy dan smart technology, khususnya pengelolaan perkotaan yang telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di IKN. Hal ini akan terus didorong dan difasilitasi agar minat investasi tersebut dapat menjadi suatu proyek konkret.

Baca Juga: Usai LGBT Dilabeli Ekstremis, Bar Gay di Rusia Digerebek Polisi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya