26 Warga Asing Jadi Korban Insiden Halloween Itaewon

Tidak ada WNI jadi korban

Jakarta, IDN Times - Duta Besar RI untuk Korea Selatan (Korsel), Gandi Sulistiyanto, mengungkapkan sampai saat ini terkonfirmasi tidak ada korban Warga Negara Indonesia (WNI) dalam tragedi Halloween, Itaewon, Seoul.

"Sampai saat ini, ada 26 warga negara asing yang tewas akibat tragedi Itaewon," kata Gandi dalam keterangan resminya yang diterima IDN Times, Senin (31/10/2022).

Dari negara-negara yang disebutkan Gandi, tidak ada WNI yang menjadi korban.

1. Korban tewas jadi 154 orang

26 Warga Asing Jadi Korban Insiden Halloween ItaewonDuta Besar RI untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto. (dok. KBRI Seoul)

Gandi mengungkapkan saat ini korban tewas bertambah menjadi 154 orang, 26 di antaranya adalah WNA.

"WNA korban tewas ini dari 14 negara yaitu Iran  5 orang, China 4 orang, Rusia 4 orang, Amerika Serikat 2 orang, Jepang 2 orang, Prancis, Australia, Vietnam, Uzbekistan, Norwegia, Kazakhstan, Thailand, Sri Lanka, Austria masing-masing satu orang," ucap Gandi.

Baca Juga: Tragedi Itaewon, Saksi: Orang Teriak dan Jatuh seperti Kartu Domino

2. Dua WNI selamat dan hanya luka ringan

26 Warga Asing Jadi Korban Insiden Halloween ItaewonRatusan orang dinyatakan tewas pada tragedi pesta Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. (dok. Yonhap News Agency)

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, mengonfirmasi bahwa ada dua WNI yang luka ringan akibat tragedi tersebut.

"Berdasarkan koordinasi KBRI Seoul dengan otoritas setempat dan rumah sakit, ada 2 WNI luka ringan. Kedua WNI tersebut saat ini dalam keadaan baik dan telah pulang dari rumah sakit," kata Judha, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/10/2022).

3. Sekitar 141 orang sudah teridentifikasi

26 Warga Asing Jadi Korban Insiden Halloween ItaewonPolisi tengah mengecek tempat kejadian perkara pasca tragedi perayaan Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Sabtu (29/10/2022) malam. (Dok. Yonhap)

Setidaknya 141 korban tewas tragedi Halloween Itaewon berhasil diidentifikasi. Begitu proses identifikasi rampung, hasilnya dilaporkan langsung ke keluarga masing-masing.

"141 korban yang tewas sudah berhasil diidentifikasi dan langsung dikabarkan ke keluarga yang sudah didata," kata otoritas Seoul dalam pernyataannya.

Dari 154 korban tewas tragedi tersebut, mayoritas tewas karena terinjak-injak dan terkena serangan jantung.

Baca Juga: Tragedi Halloween Itaewon, Dukungan Dunia Mengalir ke Korea Selatan 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya