5 Potret Indonesia-Korsel Rayakan 50 Tahun Hubungan Diplomatik

Digelar cukup meriah di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Tahun ini, usia hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) menginjak 50 tahun. Kedua negara makin mengeratkan relasi dan berkomitmen lewat Special Strategic Partnership. 

Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo baru saja melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korsel Yoon Suk Yeol di Istana Negara, usai KTT ke-43 ASEAN digelar. Pertemuan keduanya digelar di Istana Negara, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Korsel berkomitmen turut membantu Indonesia untuk bisa menuju Indonesia emas di 2045.

"Korea akan mengembangkan dan mengajak tim kami ke sini demi visi Indonesia emas 2045. Untuk itu, kami akan melakukan kerja sama di bidang industri masa yang akan datang yaitu mobil listrik. Bagi kami, Indonesia adalah negara yang penting di dalam ASEAN, Indonesia sangat mementingkan kebebasan dan perdamaian, dan hukum yang luar biasa," kata Yoon, kala itu. 

Pada perayaan 50 tahun hubungan Indonesia-Korsel semalam, Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Lee Sang Deok menegaskan bahwa kerja sama saling menguntungkan antara kedua negara akan terus dilanjutkan.

"Mari maju ke depan bersama dan bekerja sama, sesuai dengan tema persahabatan tahun ini: Closer Friendship, Stronger Partnership," tegas Lee. 

Berikut empat foto kemeriahan pesta 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korsel yang digelar di Hotel Fairmont, Jakarta. 

1. Ini tema dari 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korsel

5 Potret Indonesia-Korsel Rayakan 50 Tahun Hubungan DiplomatikTema 50 tahun hubungan Indonesia-Korea Selatan. (IDN Times/Sonya Michaella)

2. Menperin RI mewakili pemerintah datang ke perayaan semalam

5 Potret Indonesia-Korsel Rayakan 50 Tahun Hubungan DiplomatikDubes Korsel untuk Indonesia, Lee Sang Deok bersama Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita. (IDN Times/Sonya Michaella)

3. Antusiasme warga Indonesia yang hadir di perayaan 50 tahun hubungan RI-Korsel

5 Potret Indonesia-Korsel Rayakan 50 Tahun Hubungan DiplomatikPerayaan 50 tahun hubungan Indonesia-Korsel. (IDN Times/Sonya Michaella)

4. Ada penampilan spesial loh, dari Kementerian Luar Negeri RI dan perwakilan Kedubes Korsel di Jakarta. Keren banget!

5 Potret Indonesia-Korsel Rayakan 50 Tahun Hubungan DiplomatikPenampilan spesial dari Kementerian Luar Negeri RI dan perwakilan dari Kedubes Korsel di Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

5. Semoga hubungan Indonesia dan Korea Selatan semakin erat ya!

5 Potret Indonesia-Korsel Rayakan 50 Tahun Hubungan DiplomatikPerayaan 50 tahun Indonesia dan Korsel. (IDN Times/Sonya Michaella)

Baca Juga: 8 Sisi Gelap Korea Selatan yang Tak Semanis Kisah Drama Korea 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya