56 Tahun ASEAN, Sekjen: Terus Maju dan Berkembang

Jokowi hadir di perayaan 56 tahun ASEAN

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal ASEAN, Kao Kim Hourn berharap agar ASEAN terus maju sebagai organisasi regional yang semakin berkembang. Hal itu diungkapkan Kao bertepatan dengan hari jadi ASEAN yang ke-56 tahun hari ini. 

“Kesuksesan ASEAN tidak akan terjadi jika tanpa komitmen dan tekad kuat serta kerja sama para negara anggota ASEAN, terutama untuk tujuan ke depan,” kata Kao dalam pidatonya di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Kao pun mengatakan, para negara anggota ASEAN selama ini juga bekerja sama untuk mengelola kawasan agar menjadi damai dan sejahtera.

1. ASEAN terus berkembang jadi ekonomi terbesar kelima di dunia

56 Tahun ASEAN, Sekjen: Terus Maju dan BerkembangIlustrasi ASEAN. (setnas-asean.id)

Kao juga menjabarkan, ekonomi ASEAN kini terus berkembang dengan adanya hubungan perdagangan serta investasi dengan para negara mitra wicara.

“ASEAN dengan populasinya yang melebihi 670 juta orang. Lalu ASEAN yang menjadi ekonomi terbesar ketiga di Asia dan ekonomi lima terbesar di dunia, ini membuktikan ASEAN semakin berkembang,” tutur Kao.

ASEAN, ke depannya sedang memproyeksikan bakal menjadi ekonomi keempat terbesar di dunia, pada 2030 mendatang.

Baca Juga: Jokowi Berikan Nasi Tumpeng ke Sekjen ASEAN di Peringatan HUT ke-56

2. ASEAN mempertahankan relevansi untuk menjawab tantangan

56 Tahun ASEAN, Sekjen: Terus Maju dan BerkembangPerayaan 56 tahun ASEAN di Sekretriat ASEAN, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, ASEAN juga selama ini terus mempertahankan relevansinya untuk menjawab dan mengatasi berbagai tantangan kawasan dan global.

“ASEAN mempertahankan pembangunan ekonomi dan kemakmuran untuk semua wilayah serta integritas regional dengan masyarakat ASEAN. Kesuksesan ASEAN juga merupakan tolok ukur bagaimana ASEAN dapat memberikan manfaat yang nyata, konkret, untuk warga negaranya,” ucap Kao lagi.

3. Jokowi beri tumpeng ke Sekjen ASEAN dan Menlu Retno

56 Tahun ASEAN, Sekjen: Terus Maju dan BerkembangPemotongan tumpeng perayaan 56 tahun ASEAN oleh Presiden RI Joko Widodo. (IDN Times/Sonya Michaella)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo hadir dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 ASEAN di Sekretariat Nasional ASEAN, Jakarta Selatan, pada Selasa (8/8/2023).

Usai pidato, Jokowi kemudian memberikan potongan nasi tumpeng kepada Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn.

Setelah itu, Jokowi juga memberikan potongan nasi tumpeng kepada Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi. Keduanya nampak tertawa saat penyerahan nasi tumpeng.

Baca Juga: Xanana: Timor Leste Batal Gabung ASEAN jika Isu Myanmar Tak Selesai 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya