9 Ribu Orang Demo di Belgia Tuntut Konflik Gaza Dihentikan

Pemerintah Belgia diminta bergerak bantu Palestina

Jakarta, IDN Times - Setidaknya 9 ribu orang di Belgia turut serta dalam unjuk rasa menuntut pemerintah Belgia bekerja guna menghentikan serangan Israel di Jalur Gaza.

Belgia, yang saat ini menjabat sebagai presiden Dewan Uni Eropa, diminta memainkan peran sentral dalam membantu mencari solusi yang adil bagi konflik Israel-Palestina, dikutip Anadolu, Senin (22/1/2024).

Hari ini pula dijadwalkan Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa bakal membahas situasi Timur Tengah di Brussels. Sebanyak 27 menteri luar negeri Uni Eropa bakal bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel Yisrael Katz dan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki dalam waktu yang terpisah.

1. Demo digelar kemarin

Demo pro-Palestina besar-besaran ini digelar Minggu kemarin waktu setempat yang diprakarsasi oleh berbagai organisasi masyarakat sipil Belgia dan LSM besar.

Demo ini menyerukan perdamaian dan tuntutan agar serangan ke warga Palestina dihentikan dengan memperhatikan seruan-seruan yang tidak antisemitisme atau rasisme.

 

Baca Juga: Menlu Retno Hadiri Debat Terbuka DK PBB Bahas Gaza

2. Jumlah korban di Gaza terus bertambah

9 Ribu Orang Demo di Belgia Tuntut Konflik Gaza DihentikanGedung-gedung yang hancur akibat serangan Pendudukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil Palestina di Gaza di utara Kamp Jabalia, utara wilayah Al-Sikka, Rabu (11/11/2023). (Dok. Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP))

Sementara itu, jumlah korban tewas di Jalur Gaza terus bertambah. Hingga kini, korban tewas mencapai 25.205 orang dan 62 ribu orang terluka.

Warga Palestina juga terpaksa berjalan ke perbatasan Rafah untuk mengungsi. Mereka juga mengalami pemadaman komunikasi dalam sepekan terakhir.

3. Menlu RI Retno Marsudi kembali perjuangkan hak bangsa Palestina

9 Ribu Orang Demo di Belgia Tuntut Konflik Gaza DihentikanMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di SMU PBB, November 2023. (dok. X @Menlu_RI)

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi belum lelah untuk menyuarakan keadilan bangsa Palestina. Retno sudah tiba di New York, Amerika Serikat (AS) untuk bersiap menghadiri debat terbuka di Dewan Keamanan PBB.

“Selama berada di New York, saya akan lakukan serangkaian pertemuan dengan sejumlah menteri luar negeri asing dan hadir dalam Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB mengenai Gaza,” tulis Retno, dalam akun Instagram-nya @retno_marsudi, Senin (22/1/2024).

Baca Juga: Perang Israel-Hamas di Gaza Tewaskan Lebih dari 25 Ribu Nyawa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya