Australia Kirim Lagi 3 Juta Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku ke RI

Australia berkomitmen untuk menanggulangi PMK

Jakarta, IDN Times - Tiga juta dosis tambahan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dikirim oleh pemerintah Australia telah tiba di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan, pengiriman 3 juta dosis vaksin PMK yang diberikan untuk Indonesia merupakan bagian dari program biosekuriti senilai 10 juta dolar Australia, yang didanai oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia untuk mendukung respons Indonesia terhadap PMK.

Baca Juga: 4 Hewan Ternak Terjangkit PMK, Pemkab Serang Bentuk Satgas PMK

1. Vaksin tambahan yang dikirim sejak Agustus

Australia Kirim Lagi 3 Juta Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku ke RIVaksin PMK dari Australia telah tiba di Indonesia. (dok. Australian Embassy Jakarta)

Wong menegaskan bahwa Australia sangat berkomitmen mendukung biosekuriti di kawasan, termasuk Indonesia.

“Vaksin ini merupakan tambahan dari 1 juta vaksin PMK yang diberikan kepada Indonesia pada Agustus 2022,” ujar Wong, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Australia di Jakarta, kepada IDN Times, Selasa (1/11/2022).
 
Vaksin ini kini dilaporkan sedang didistribusikan dan diberikan kepada hewan ternak di Bali dan Sulawesi.

2. Total 4 juta vaksin telah dikirim ke Indonesia

Australia Kirim Lagi 3 Juta Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku ke RIKunjungan Menteri Pertanian Australia, Murray Watt ke Indonesia. (IDN Times/Sonya Michaella)

Hingga saat ini, total 4 juta vaksin PMK telah dikirim sebagai komitmen Australia untuk mendukung respons Indonesia terhadap wabah PMK, dan menyoroti lebih jauh kemitraan erat antara kedua negara.

Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Murray Watt mengatakan, program biosekuriti menyediakan berbagai dukungan termasuk bantuan teknis untuk upaya vaksinasi Indonesia, pelatihan untuk pemberi vaksin, dukungan untuk perencanaan pengendalian nasional, dan bantuan melalui sistem pengawasan.

3. Australia berharap wabah PMK dapat berhenti secepatnya

Australia Kirim Lagi 3 Juta Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku ke RIVaksin PMK dari Australia telah tiba di Indonesia. (dok. Australian Embassy Jakarta)

Murray menambahkan, Australia berkomitmen kuat untuk mendukung negara tetangganya, Indonesia, untuk menanggulangi PMK. Sebab, hal ini merupakan kepentingan bersama untuk memastikan wabah ini dikendalikan dan akhirnya dapat dihentikan.
 
“Pengiriman ini melanjutkan pendekatan komprehensif kami untuk menjaga Australia bebas PMK dengan membantu negara tetangga untuk menangani wabah, memperkuat langkah-langkah biosekuriti perbatasan dan meningkatkan kesiapsiagaan kami di dalam negeri,” pungkasnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya