Banjir Bandang Landa Brasil, 39 Orang Tewas

67 ribu orang juga terdampak

Jakarta, IDN Times - Setidaknya 39 orang tewas dan 70 orang lainnya masih hilang akibat hujan lebat dan banjir bandang yang melanda negara bagian Rio Grande do Sul di Brasil.

Dilansir CNN, pada Sabtu (4/5/2024), pemerintah daerah telah menyatakan kondisi darurat bencana di mana 67 ribu orang terdampak di hampir 150 kota.

Hampir 10 ribu orang mengungsi serta lebih dari 4.500 orang berada di tempat penampungan sementara.

1. Bendungan tidak mampu menampung air

Sementara itu, salah satu penyebab banjir bandang ini adalah bendungan-bendungan yang ada tidak dirancang untuk menampung air dalam jumlah besar.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva langsung mengadakan rapat darurat untuk membahas bencana ini.

“Kerugian material sangat besar, namun fokus kami saat ini adalah penyelamatan dan masih ada warga yang butuh bantuan,” kata Lula.

Baca Juga: 10 Orang Tewas dan 21 Hilang akibat Hujan Lebat di Brasil

2. Kerap dilanda bencana

Rio Grande do Sul memang wilayah yang kerap dilanda cuaca ekstrem beberapa tahun terakhir. Pada September tahun lalu, 30 orang tewas akibat hujan lebat.

Krisis iklim yang sebagian besar disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil oleh manusia, telah memperburuk cuaca ekstrem di seluruh dunia.

3. Hujan deras di Brasil

Kepala Ahli Meteorologi di Pusat Pemantauan Bencana Alam Nasional Marcelo Seluchi menyebut hujan deras di wilayah tersebut sudah turun sejak Senin kemarin dan akan terus berlanjut sampai akhir pekan ini.

“Belum pernah dalam sejarah BRasil terjadi hujan sederas itu di satu lokasi,” ucap dia.

 

Baca Juga: Brasil Minta Maaf atas Kekejaman terhadap Masyarakat Adat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya