China Minta Israel Setop Bombardir Rafah

Israel diminta setujui gencatan senjata Gaza

Jakarta, IDN Times - Pemerintah China mendesak Israel agar segera berhenti menyerang Kota Rafah di Jalur Gaza. Hal ini ditekankan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian.

“China sangat prihatin dengan operasi militer Israel di Rafah. Kami menyerukan kepada Israel untuk mendengarkan seruan masyarakat internasional untuk berhenti menyerang Rafah,” kata Lin, dikutip dari laman resmi Kemlu China, Rabu (8/5/2024).

“Israel harus melakukan segala upaya untuk menghindari bencana kemanusiaan yang lebih buruk lagi di Jalur Gaza,” ungkapnya.

1. China minta Israel segera setujui gencatan senjata

China Minta Israel Setop Bombardir RafahPM Israel Benjamin Netanyahu (Twitter.com/Benjamin Netanyahu)

Selain itu, Beijing juga meminta Tel Aviv agar segera menyetujui gencatan senjata di Gaza dan kembali ke jalur dialog dalam mengupayakan penyelesaian politik dengan Palestina, dengan solusi dua negara.

“Israel harus menerapkan Resolusi DK PBB 2728 dan segera mewujudkan gencatan senjata,” tegas Lin.

Baca Juga: Israel Serang Rafah, Beri Sentimen ke Rupiah yang Dibuka Lesu

2. Israel duduki sisi Palestina dari perbatasan Rafah

Militer Israel mengklaim bahwa pasukannya berhasil mengambil alih sisi Palestina dari perbatasan Rafah, yang berbatasan dengan Mesir.

“Brigade lapis baja ke-401 telah mengambil alih kendali operasional perbatasan Rafah di sisi Palestina dalam operasi sapu bersih,” sebut pernyataan dari militer Israel.

Akibatnya, perbatasan Rafah yang dari sisi Palestina sudah ditutup untuk sementara waktu, menyusul masuknya tank-tank Israel. Rafah sendiri merupakan salah pintu masuk utama bantuan kemanusiaan ke Gaza via Mesir.

 

3. Hamas ancam tak jadi gencatan senjata jika Israel serang Rafah

Pejabat Hamas, Osama Hamdan, memperingatkan bahwa jika militer Israel nekat dan terus menyerang Rafah, maka tidak akan ada gencatan senjata. Hal ini berarti tidak akan ada juga pembebasan sandera Israel.

“Kami tegaskan operasi militer di Rafah jika terus dilakukan, itu akan membuat Israel berada di situasi sulit,” kata Hamdan.

“Keputusan ada di tangan Netanyahu. Proposal gencatan senjata yang kami setujui mewakili upaya minimum untuk menanggapi tuntutan rakyat dan perlawanan kami,” lanjut dia.

Baca Juga: Israel Duduki Sisi Palestina di Perbatasan Rafah

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya