China-Rusia Veto Resolusi Gencatan Senjata Gaza di Dewan Keamanan PBB 

Rancangan resolusi ini dibuat oleh AS

Jakarta, IDN Times - Dewan Keamanan PBB kembali gagal menyepakati resolusi gencatan senjata di Jalur Gaza yang rancangannya diajukan oleh Amerika Serikat (AS).

Dalam pemungutan suara kemarin, China dan Rusia kompak menggunakan hak vetonya untuk resolusi tersebut lantaran menganggap rancangan yang diajukan AS itu ‘munafik’.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia menyebutkan bahwa rancangan resolusi tersebut tidak menekan Israel dan hanya membantu Israel untuk terus melancarkan operasi militer di Rafah, selatan Gaza. 

“Tidak ada seruan gencatan senjata dalam teks resolusi tersebut dan AS sengaja menyesatkan komunitas internasional,” kata Nebenzia, dikutip dari UN News, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga: Undang Dubes Asing Bukber, Menlu RI Singgung Lagi soal Gaza

1. Perdebatan antara AS dan Rusia serta China

Dalam sidang pemungutan suara tersebut, Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield menyebut Rusia hanya mengutamakan politik dari pada kemajuan soal resolusi.

“Rusia dan China tidak melakukan apa pun yang berarti untuk memajukan perdamaian di Gaza,” ucap Greenfield.

Ada 11 negara mendukung, tiga negara menentang serta satu negara abstain dalam sidang pemungutan suara rancangan resolusi di DK PBB tersebut.

2. AS bersama Mesir dan Qatar diskusikan gencatan senjata Gaza

China-Rusia Veto Resolusi Gencatan Senjata Gaza di Dewan Keamanan PBB Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan. (dok X @KSAMofaEN)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di Arab Saudi, kemarin, untuk membahas perkembangan terkini soal Gaza. Blinken rencananya juga akan menyambangi Israel.

“Selain itu Menlu Blinken juga akan mengunjungi Mesir untuk melakukan pembicaraan dengan pemimpin Mesir,” sebut Kementerian Luar Negeri AS, dikutip dari Arab News.

Di Riyadh, Blinken akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan untuk membahas pentingnya gencatan senjata segera di Gaza.

Baca Juga: WHO Desak Israel Buka Penyeberangan Lagi demi Cegah Kelaparan di Gaza

3. Diskusikan soal bantuan ke Gaza

China-Rusia Veto Resolusi Gencatan Senjata Gaza di Dewan Keamanan PBB Staf UNRWA di Gaza. (twitter.com/UNRWA)

Sementara itu, di Mesir nanti Blinken akan membahas soal peningkatan bantuan AS ke Gaza.

Blinken juga akan mendiskusikan negosiasi yang sedang berlangsung untuk menjamin pembebasan semua sandera Israel dan Palestina.

Baca Juga: ISIS Klaim Penembakan di Rusia, 60 Orang Tewas

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya