Cuaca Panas Ekstrem Landa ASEAN dan Asia Selatan

Pekan ini merupakan pekan dengan suhu terpanas

Jakarta, IDN Times - Asia Tenggara dan Asia Selatan bersiap menghadapi panas yang sangat ekstrem dalam pekan ini.

Dilansir Channel News Asia, Senin (29/4/2024), gelombang cuaca panas telah melanda kawasan ini selama sepekan terakhir. Bahkan di beberapa negara, cuaca mencapai 45 derajat Celcius.

Filipina juga mengumumkan penangguhan kelas tatap muka di semua sekolah negeri selama dua hari, setelah panas yang ekstrem di ibu kota Manila.

Di Thailand, 30 orang dilaporkan tewas lantaran kepanasan dengan suhu yang mencapai 44,1 derajat Celcius pada pekan lalu.

Baca Juga: Gelombang Panas di Thailand, 30 Orang Tewas

1. Suhu melampaui 40 derajat Celcius

Sementara itu, di Kamboja, Myanmar, Vietnam dan India serta Bangladesh, cuaca diperkirakan bakal bisa melebihi 40 derajat Celcius.

“Saya tidak berani keluar pada siang hari. Saya takut terkena sengatan panas,” kata seorang warga Myanmar yang tinggal di ibu kota Yangon.

2. Suhu di Kamboja sangat panas

Kementerian Air dan Meteorologi Kamboja juga menyatakan bahwa warga Kamboja harus waspada terhadap cuaca panas yang menyengat. Suhu di Kamboja diperkirakan bisa mencapai 43 derajat Celcius dalam sepekan ke depan.

Sama seperti Kamboja, suhu di Vietnam juga diperkirakan akan tetap panas selama sepekan ke depan dengan perkiraan 41 derajat Celcius di wilayah utara.

3. Gelombang panas yang parah di India

Di India, gelombang panas juga dilaporkan semakin parah di beberapa negara bagian, di mana suhu mencapai 44 derajat Celcius.

Terlebih saat ini India sedang melaksanakan pemilu yang dimulai pada 19 April kemarin. KPU India juga menyatakan telah menyiapkan satuan tugas untuk meninjau dampak gelombang panas dan kelembapan sebelum putaran pemungutan suara di tiap negara bagian.

 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya