Dua Kode Rahasia Tandai Wafatnya Ratu Elizabeth II 

Dua kode rahasia ini untuk menyiapkan strategi pemakaman

Jakarta, IDN Times - Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Penguasa Kerajaan Inggris itu meninggal dunia dalam usia 96 tahun. Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia, karena sakit pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat.

Ratu Elizabeth menjadi pemimpin Kerajaan Inggris terlama. Dia memimpin selama 7 tujuh dekade menggantikan ayahnya, Raja George VI.

Kabarnya, akan ada rencana khusus dengan kode rahasia Operation Unicorn atau Operasi Unicorn dan London Bridge is Falling Down atau Jembatan London Runtuh jika sang ratu meninggal di Skotlandia. Apa sebenarnya dua kode rahasia ini?

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

1. Menghentikan semua urusan di Parlemen Skotlandia

Dua Kode Rahasia Tandai Wafatnya Ratu Elizabeth II instagram.com/theroyalfamily

Dilansir dari Guardian, Jumat (9/9/2022), Operasi Unicron akan menghentikan semua urusan di Parlemen Skotlandia untuk mempersiapkan pemakaman kenegaraan.

Sementara, London Bridge is Down adalah kode rencana formal yang disusun jika ratu meninggal di Balmoral yang telah lama menjadi salah satu tempat favoritnya.

Operasi Unicron bocor beberapa waktu lalu dan mengindikasikan kemungkinan peti mati sang Ratu akan disemayamkan di Istana Holyroodhouse. Rencana ini juga diperkirakan mencakup prosesi seremonial di sepanjang Royal Mile di Edinburgh ke Kateral St Giles.

Jasad Ratu juga akan dibaringkan di Royal Train di Stasiun Waverley untuk menempuh perjalanan ke Ibu Kota London.

Dilaporkan pula ada sekitar tiga pertemuan tiap tahunnya yang melibatkan pemerintah, polisi, serta media untuk menyusun strategi jika ada kabar duka dari sang ratu.

Baca Juga: Istana Buckingham: Ratu Elizabeth II Meninggal Dalam Damai

2. Kode Jembatan London Runtuh

Dua Kode Rahasia Tandai Wafatnya Ratu Elizabeth II Ilustrasi London Bridge, London, Inggris (IDN Times/Anata)

Selain itu, ada juga satu kode lain yaitu London Bridge is Falling Down atau Jembatan London Runtuh, jika Ratu Elizabeth wafat di London, bukan di Skotlandia.

Parlemen Inggris akan memberhentikan semua urusan dan Perdana Menteri akan membuat pernyataan. Tidak ada anggota lain dari pemerintah yang akan diizinkan untuk mengeluarkan pernyataan selain perdana menteri.

Setelah itu, Pangeran Charles akan membuat pengumuman dan sekaligus diangkat menjadi Raja Inggris menggantikan ibunya. 

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Pangeran Charles Segera Jadi Raja Inggris

3. Sempat menerima kunjungan PM baru Inggris

Pada Selasa (6/9/2022), Ratu Elizabeth sempat menerima kunjungan Liz Truss, perdana menteri Inggris yang baru sekaligus menunjuk Truss memimpin pemerintahan Inggris.

Saat ini, seluruh Inggris Raya sedang berduka. Bahkan rakyat Inggris memadati Istana Buckingham dan Kastik Balmoral meratapi kepergian Ratu Elizabeth II

Baca Juga: Ini Riwayat Penyakit Ratu Elizabeth II, Sempat Positif COVID-19

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya