G7 dan Uni Eropa Gelar Pertemuan Darurat di Sela KTT G20

Pertemuan G7 dan UE sempat bikin agenda KTT G20 Bali molor

Bali, IDN Times - Pemimpin negara G7 dan juga Uni Eropa serempak menggelar pertemuan darurat terkait dugaan jatuhnya rudal Rusia di Polandia. Pertemuan darurat ini digelar di Bali, di sela KTT G20 hari kedua.

Pertemuan ini sempat membuat agenda kunjungan kepala negara delegasi G20 mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura), Bali pada Rabu (16/11/2022) mundur selama kurang lebih 1,5 jam.

Dikutip dari akun Twitter Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, pemimpin G7 dan NATO mengecam keras tindakan barbar Rusia kepada Ukraina.

“Kami juga berdiri bersama Polandia setelah adanya hantaman rudal di perbatasan Polandia-Ukraina,” kata Leyen, Rabu (16/11/2022).

“Investigasi sedang dilakukan, kami terus memantau dengan beberapa mitra kami untuk langkah selanjutnya. Kami berdiri bersama,” lanjut dia.

Sebanyak 85 rudal yang diduga buatan Rusia dilaporkan menghantam Polandia. Akibatnya, dua orang dilaporkan tewas. Dua orang yang tewas ini berada di sebuah desa di Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina yaitu desa Przewodow, terletak di Polandia timur.

Sementara itu, Polandia kini sedang siaga militer dan juga telah memanggil Duta Besar Rusia yang berkedudukan di Warsawa untuk menjelaskan serangan tersebut. 

Di lain pihak, Rusia membantah tudingan mengirimkan rudal hingga ke Polandia itu. Kementerian Pertahanan Rusia dugaan rudal Rusia jatuh di Polandia ini adalah provokasi yang disengaja.

 

https://www.youtube.com/embed/ria5_kpHsOI

Baca Juga: Agenda G20 Molor, Jokowi Ajak Official Media Keliling Tahura Bali

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya