Hong Kong Catat Rekor Suhu Terpanas Selama 140 Tahun

Bulan April di Hong Kong seharusnya belum panas

Intinya Sih...

  • Hong Kong mencatat suhu terpanas sepanjang sejarah pada bulan April 2024, dengan suhu rata-rata 26,4 derajat Celcius
  • Departemen Tenaga Kerja Hong Kong memperingatkan warga untuk tetap di dalam rumah atau kantor ketika siang hari dan banyak mengonsumsi air mineral
  • Asia Tenggara dan Asia Selatan bersiap menghadapi panas ekstrem, dengan beberapa negara mencapai suhu hingga 45 derajat Celcius

Jakarta, IDN Times - Hong Kong mencatat suhu terpanas ada di bulan April 2024 dengan suhu rata-rata 26,4 derajat Celcius. Menurut Observatorium Cuaca Hong Kong, ini merupakan suhu terpanas dalam 140 tahun terakhir.

Dilansir The Star, Sabtu (4/5/2024), suhu 26,4 derajat Celcius ini menjadikan bulan April 2024 kemarin sebagai April terpanas sepanjang sejarah Hong Kong.

“Musim panas belum tiba tapi bulan April sudah sangat panas,” sebut pernyataan Observatorium Cuaca Hong Kong.

Baca Juga: BMKG: Suhu Panas di Indonesia, bukan Heat Wave

1. Hampir 30 derajat Celcius padahal belum musim panas

Hong Kong Catat Rekor Suhu Terpanas Selama 140 TahunPotret suasana Hongkong. (pexels.com/Jimmy Chan)

Sementara itu, pada 27 April 2024, Hong Kong bahkan ada di suhu 28,8 derajat Celcius di mana bulan April seharusnya belum memasuki musim panas.

Kala itu, Departemen Tenaga Kerja Hong Kong memperingatkan warganya untuk tetap di dalam rumah atau kantor ketika siang hari dan banyak mengonsumsi air mineral.

2. Gelombang panas di Asia Selatan dan Asia Tenggara

Asia Tenggara dan Asia Selatan bersiap menghadapi panas yang sangat ekstrem dalam pekan ini.

Gelombang cuaca panas telah melanda kawasan ini selama sepekan terakhir. Bahkan di beberapa negara, cuaca mencapai 45 derajat Celcius.

Filipina juga mengumumkan penangguhan kelas tatap muka di semua sekolah negeri selama dua hari, setelah panas yang ekstrem di ibu kota Manila.

Di Thailand, 30 orang dilaporkan tewas lantaran kepanasan dengan suhu yang mencapai 44,1 derajat Celcius pada pekan lalu.

 

3. Suhu di beberapa negara sampai 40 derajat Celcius

Hong Kong Catat Rekor Suhu Terpanas Selama 140 TahunPotret suasana jembatan Long Bien di Hanoi, Vietnam. (unsplash.com/Long Bún)

Di Kamboja, Myanmar, Vietnam dan India serta Bangladesh, cuaca diperkirakan bakal bisa melebihi 40 derajat Celcius.

“Saya tidak berani keluar pada siang hari. Saya takut terkena sengatan panas,” kata seorang warga Myanmar yang tinggal di ibu kota Yangon.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya