HUT 78 RI, KBRI Seoul Tekankan Kolaborasi Seluruh Masyarakat

Dubes Gandi Sulistiyanto memberikan pesan untuk WNI di Korea

Jakarta, IDN Times - KBRI Seoul menggelar rangkaian upacara pengibaran bendera memperingati HUT ke-78 RI di Seoul, Korea Selatan (Korsel), Kamis (17/8/2023).

Upacara pengibaran bendera dilaksanakan pada pukul 09.00 waktu setempat. Duta Besar RI Seoul, Gandi Sulistiyanto, bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedang Atase Pertahanan KBRI Seoul, Kolonel (Pnb) Akal Juang, bertindak sebagai komandan upacara.

Pada pukul 17.00 waktu setempat, upacara penurunan bendera akan digelar. Wakil Duta Besar RI untuk Korsel Zelda Wulan Kartika akan bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara Mayor Inf Robertus Asep K, sebagai komandan upacara.

Baca Juga: HUT 78 RI, KBRI Bern Gelar Pesta Merdeka

1. Tekankan kolaborasi antarunsur masyarakat Indonesia di Korsel

HUT 78 RI, KBRI Seoul Tekankan Kolaborasi Seluruh MasyarakatUpacara HUT RI ke-78 di Korea Selatan. (dok. KBRI Seoul)

Setelah upacara, seluruh peserta mengikuti acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dubes Sulis. Dalam sambutannya, Sulis menggarisbawahi pentingnya kerja keras dan kolaborasi seluruh unsur masyarakat di Korea Selatan untuk membangun Indonesia meski berada jauh dari Tanah Air.

Sesuai tema HUT ke-78 RI, yaitu ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’, KBRI Seoul berkomitmen melanjutkan perjuangan membangun Indonesia dari Negeri Ginseng melalui kerja sama di berbagai bidang strategis serta memberikan pelayanan optimal bagi seluruh WNI di wilayah Korea Selatan.

Baca Juga: Shin Tae Yong Klaim Asnawi Layak Naik Kelas di Korea Selatan

2. Dihadiri diaspora dan pelajar Indonesia

HUT 78 RI, KBRI Seoul Tekankan Kolaborasi Seluruh MasyarakatUpacara HUT RI ke-78 di Korea Selatan. (dok. KBRI Seoul)

Upacara tersebut diikuti oleh sekitar 150 peserta yang terdiri dari pejabat dan staf KBRI Seoul, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Busan, Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Seoul, Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, sejumlah BUMN Indonesia di Korea Selatan, wakil organisasi masyarakat, diaspora, pelajar dan media Indonesia.

Sebelum upacara berakhir, Sulis menyematkan tanda Satya Lancana Karya Satya XX Tahun kepada dua aparatur sipil negara yang bertugas di KBRI Seoul yaitu Atase Imigrasi dan Minister Counsellor/Koordinator Fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital, Percepatan Start Up dan Diplomasi Publik.

Baca Juga: 7 Potret Enzy Storia Kumpul Bareng Ibu-Ibu KBRI Washington DC

3. Sejumlah kegiatan memperingati HUT RI telah digelar sejak bulan lalu

HUT 78 RI, KBRI Seoul Tekankan Kolaborasi Seluruh MasyarakatUpacara HUT RI ke-78 di Korea Selatan. (dok. KBRI Seoul)

Sebagai bentuk perayaan HUT RI ke-78 di Korea, KBRI Seoul telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan sejak tanggal 29 Juli 2023.

Kegiatan ini diawali dengan jalan santai keluarga besar KBRI Seoul dan BUMN Indonesia di Seoul, permainan bersama keluarga, pertandingan bowling, serta pertandingan olah raga seperti catur dan tenis meja.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya