HUT 78 RI, Merah Putih Menyala di Namsan Tower Korsel 

Lampu merah putih juga ada di Balai Kota Seoul

Jakarta, IDN Times - Sorot lampu berwarna merah putih menyinari Gedung Balai Kota Seoul, Korea Selatan (Korsel) pada 17 Agustus 2023, pukul 20.00 hingga 22.00 malam waktu setempat.

Tak hanya di Balai Kota, merah putih pun menyala di landmark Kota Seoul yaitu Namsan Tower. Balai Kota dan Namsan Tower merupakan lokasi wisata ternama di Korsel dan merupakan salah satu tujuan wisata para turis.

“Dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI, KBRI Seoul bekerja sama dengan pemerintah Metropolitan Seoul menyelenggarakan Light Up Red and White di Balai Kota dan Namsan Tower,” kata Duta Besar RI untuk Korsel, Gandi Sulistiyanto, dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: HUT 78 RI, KBRI Bern Gelar Pesta Merdeka

1. Lampu menyala di Namsan Tower mulai jam 7 malam

HUT 78 RI, Merah Putih Menyala di Namsan Tower Korsel Dubes RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto beserta istri di Namsan Tower. (dok. KBRI Seoul)

Sementara, Namsan Tower disinari lampu merah putih pada tanggal 17 Agustus 2023 jam 19.00-23.00 malam waktu setempat.

Selain sinar merah putih, logo peringatan 50 Tahun Persahabatan Indonesia Korea turut ditayangkan. Menara Namsan dibangun lebih dari 4 dekade yang lalu. Menara tersebut merupakan gedung pertama yang dibangun di Korea yang ditujukan sebagai gedung multi fungsi.

Meskipun kini banyak gedung yang lebih tinggi, Menara ini tetap menjadi destinasi wisata ikonik bagi wisatawan domestik dan asing.

2. Tahun ini adalah peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Korsel

HUT 78 RI, Merah Putih Menyala di Namsan Tower Korsel Light Up Red and White di Balai Kota Seoul, Korsel. (dok. KBRI Seoul)

Tahun 2023 juga menandai peringatan 50 Tahun Hubungan Persahabatan antara Indonesia dan Korea. Bertema Persahabatan yang lebih erat dan kemitraan yang lebih kuat, hubungan diplomatik Indonesia dan Korsel mencapai setengah abad di tahun 2023.

Untuk ke depannya, ditargetkan peningkatan people to people diplomacy antara kedua negara.

3. Upacara bendera telah digelar di KBRI Seoul

HUT 78 RI, Merah Putih Menyala di Namsan Tower Korsel Upacara HUT RI ke-78 di Korea Selatan. (dok. KBRI Seoul)

Sebelumnya pada pagi hari, KBRI Seoul telah melaksanakan rangkaian upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI.

Sesuai tema HUT ke-78 RI, yaitu ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’, KBRI Seoul berkomitmen melanjutkan estafet perjuangan membangun Indonesia dari Negeri Ginseng, melalui kerja sama di berbagai bidang strategis dengan Korsel, serta memberikan pelayanan optimal bagi seluruh WNI di wilayah Korea Selatan.

Baca Juga: BI Targetkan Penggunaan QRIS di Korsel dan China Tahun Depan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya