India Ingin Perluas Kerja Sama Pertahanan dengan Indonesia

Sektor pertahanan India sedang meningkat

Jakarta, IDN Times - Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty mengungkapkan negaranya sangat berharap bisa memperluas kerja sama pertahanan dengan Indonesia, salah satunya dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan penjaga pantai (coast guard).

“Industri pertahanan India saat ini berkembang pesat di bawah seruan inisiatif Make in India-Make for the World. Kinerja perusahaan-perusahaan pertahanan India berada pada titik tertinggi. Rekor ekspor kami tercatat pada 2,63 miliar dolar AS dan India siap menjadi eksportir pertahanan terkemuka pada 2030,” kata Chakravorty, dalam pembukaan acara Defence Industry Partnerships, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

“Saya sangat yakin bahwa lembaga pertahanan Indonesia dapat mengambil manfaat dari pengalaman dan keberhasilan negara maritim tetangganya. Kami menyadari bahwa Indonesia juga ingin membangun industri pertahanannya sendiri. Kami ingin berbagi pengalaman dalam upaya ini dan ingin memperluas kerja sama dengan Indonesia,” kata Chakravorty, melanjutkan.

Dalam pameran alutsista ini, setidaknya 36 perusahaan pertahanan India datang ke Indonesia untuk lebih melebarkan sayap kerja sama antardua negara.

Baca Juga: Prancis Usulkan Nuklir sebagai Senjata Pertahanan Uni Eropa

1. Sektor pertahanan India bertransformasi

India Ingin Perluas Kerja Sama Pertahanan dengan IndonesiaIndia Defence Industry Partnerships di Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Chakravorty mengatakan sektor pertahanan India sedang mengalami transformasi yang luar biasa, didorong dorongan pemerintah untuk 'Atmanirbharta’, yang artinya 'kemandirian' dalam bidang pertahanan.

“Kementerian Pertahanan India mempelopori upaya untuk memperkuat kemampuan pertahanan negara dengan fokus pada desain, pengembangan, dan manufaktur dalam negeri. Pemerintah India memainkan peran penting dalam memastikan negara yang kuat, aman, dan mandiri, karena negara ini mengalami peningkatan ekonomi dan sosial yang signifikan, dan siap untuk menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia,” ungkap dia.

2. Persediaan militer India serupa dengan Indonesia

India Ingin Perluas Kerja Sama Pertahanan dengan IndonesiaPameran India Defence Industry Partnerships di Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Persediaan militer India mempunyai jangkauan dan skala yang serupa dengan peralatan militer Indonesia. Pada masa kemerdekaan 1947, India memiliki kapal, pesawat terbang dan berbagai perlengkapan Angkatan Darat, terutama dari Inggris dan Eropa.

“Sebelumnya, produksi pertahanan hanya terbatas pada BUMN, namun kini telah dibuka untuk memungkinkan keikutsertaan kewirausahaan dan inovasi sektor swasta. Reformasi lainnya adalah korporatisasi pabrik persenjataan pertahanan kami,” tuturnya.

Baca Juga: Impor dari India, Kapan Citroen C3 Aircross Diterima Konsumen?

3. Sektor teknologi dan pertahanan bekerja sama

India Ingin Perluas Kerja Sama Pertahanan dengan IndonesiaDuta Besar India untuk Indonesia, Sandeep Chakravorty. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, saat ini India memiliki salah satu ekosistem startup terbesar. Saat ini, semakin banyak startup yang merambah ke sektor teknologi dan pertahanan.

“Tren ini menggarisbawahi meningkatnya sinergi antara inovasi dan prioritas keamanan nasional. Startup ini tidak hanya berkontribusi terhadap kemampuan dalam negeri namun juga meningkatkan posisi India sebagai pemain global dalam inovasi pertahanan,” kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya