India Protes Peta Baru China, Dua Wilayah Dicaplok!

India ajukan nota protes lewat saluran diplomatik

Jakarta, IDN Times - India mengeluarkan protes keras terhadap China terkait perilisan peta baru China. Peta tersebut menunjukkan bahwa China mengklaim kepemilikan atas wilayah yang menurut India adalah milik mereka.

“Kami telah mengajukan protes keras melalui saluran diplomatik ke pihak China mengenai apa yang disebut sebagai Peta Standar China tahun 2023 yang mengklaim wilayah India,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (1/9/2023).

“Kami menolak klaim tersebut karena tidak memiliki dasar. Langkah-langkah China seperti itu hanya mempersulit penyelesaian masalah perbatasan,” ucap dia.

Baca Juga: Peta Baru China Diprotes Malaysia, Ada Laut China Selatan

1. Dua wilayah India diklaim China

Pihak New Delhi mengatakan, dua wilayah pada peta yang dirilis China adalah milik India.

Salah satunya adalah negara bagian Arunachal Pradesh di timur laut India yang dianggap China sebagai bagian dari Tibet.

Kedua, wilayah Aksai Chin di Kashmir, yakni sebuah koridor dataran tinggi yang menghubungkan Tibet ke China bagian barat.

Baca Juga: India Akan Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa untuk Pelajari Matahari

2. Malaysia protes soal peta baru China yang menampilkan Laut China Selatan

India Protes Peta Baru China, Dua Wilayah Dicaplok!potret kondisi di Laut China Selatan (pixabay.com/user1488365914)

Sementara itu, Malaysia juga mengeluarkan protes terkait peta baru ini karena menampilkan garis Laut China Selatan yang selama ini jadi sengketa beberapa negara di ASEAN dan China sendiri.

“Malaysia tidak mengakui klaim China di Laut China Selatan sebagaimana dituangkan dalam Peta Standar China Edisi 2023 yang mencakup wilayah maritim Malaysia,” sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Malaysia, dikutip dari New Straits Times.

Pihak Kuala Lumpur mengatakan bahwa masalah sengketa perairan internasional ini sangat kompleks, maka isu ini harus ditangani secara damai melalui dialog berdasarkan hukum internasional.

“Malaysia juga mendukung lanjutan pembahasan Code of Conduct (COC) yang mencakup sengketa maritim ini yang sedang dinegosiasikan oleh ASEAN,” lanjut pernyataan itu.

Baca Juga: ASEAN-China Sepakati Panduan Percepatan Negosiasi Laut China Selatan

3. Klaim China ditolak Mahkamah Internasional pada 2016

India Protes Peta Baru China, Dua Wilayah Dicaplok!Personel penjaga pantai Filipina sedang mengamati armada milik China di daerah Sabina Shoal, Kepulauan Spratly, Laut China Selatan pada 27 April 2021. (Facebook.com/Philippines Coast Guard)

China mengklaim kedaulatan di hampir seluruh bagian Laut China Selatan yang menjadi jalur perdagangan internasional senilai triliunan dolar setiap tahunnya. Namun, pada 2016 lalu, klaim China ini ditolak oleh Mahkamah Internasional.

Kasus ini diajukan oleh Filipina ke Mahkamah Internasional karena klaim China tersebut tidak sesuai dengan konvensi PBB tentang hukum laut.

Pernyataan China sebelumnya datang berdasarkan sebuah peta yang diterbitkan pada 1947, yang menunjukkan adanya nine dash line atau sembilan garis yang terhubung dari selatan China, tepatnya di Pulau Hainan.

Baca Juga: AS Dukung Filipina Lawan China di Laut China Selatan 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya