India Puji Peran Penting ASEAN di Indo Pasifik

Pertemuan Menlu ASEAN dan India digelar hari ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, sebagai Co-Chair, membuka pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dengan India, hari ini. Vivian menilai, hubungan ASEAN dengan India mengalami kemajuan yang sangat baik.

“Kami meningkatkan hubungan kami menjadi kemitraan strategis yang komprehensif. Dan fokus kami tahun ini adalah menerapkan kerja sama tersebut untuk memperluas dan memperdalam bidang-bidang kerja sama utama dan mempertahankan momentum positif bagi hubungan kita,” kata Balakrishnan, dalam ASEAN Ministerial Meeting/Post Ministerial Meeting (AMM/PMC), di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

“Sekitar 96 persen dari rencana aksi ASEAN dan India telah dilaksanakan dan tercapai kurang dari dua tahun setelah diadopsi, yang nantinya akan berfungsi untuk mengimplementasikan kerja sama komprehensif,” ujar dia lagi.

1. India akui ASEAN mainkan peran penting

India Puji Peran Penting ASEAN di Indo PasifikMenteri Luar Negeri India, S. Jaishankar. (dok. Gallery ASEAN 2023)

Menteri Luar Negeri India, S. Jaishankar, memuji peran ASEAN yang sangat memainkan peran penting di kawasan serta Indo Pasifik.

“ASEAN yang kuat dan bersatu memainkan peran penting dalam dinamika yang muncul di Indo Pasifik,” ungkap Jaishankar.

“India dengan tegas mendukung sentralitas ASEAN dan pandangan ASEAN soal Indo Pasifik,” tegasnya lagi.

Jaishankar menekankan kembali bahwa India siap bekerja sama dengan ASEAN untuk memperluas kemitraan lebih lanjut, terutama di area kerja sama yang baru sambil terus memperkuat kemitraan yang ada.

Baca Juga: Australia-India Jadi Batu Loncatan untuk Implementasi ASEAN Outlook

2. India jadi mitra wicara ASEAN sejak 1995

India Puji Peran Penting ASEAN di Indo Pasifikunsplash.com/Naveed Ahmed

India menjadi mitra wicara penuh ASEAN pada KTT ke-5 ASEAN di Bangkok,Thailand, 14-15 Desember 1995 setelah sebelumnya menjadi Mitra wicara sektoral sejak 1992.

Kerja sama ASEAN-India merupakan salah satu kerja sama yang memiliki potensi sangat besar dilihat dari jumlah penduduk, luas wilayah dan letak strategis kedua pihak.
 
Para Pemimpin ASEAN sepakat dalam memandang India sebagai salah satu mitra dagang penting bagi ASEAN. 

3. India jadi batu loncatan untuk implementasi ASEAN Outlook on the Indo Pacific

India Puji Peran Penting ASEAN di Indo PasifikMenteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, menghelat pertemuan trilateral dengan Menlu Australia Penny Wong dan Menlu India Subrahmanyam Jaishankar (IDN Times/Vanny El Rahman)

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah menggelar pertemuan trilateral dengan Jaishankar dan Menlu Australia, Penny Wong, kemarin.

Retno juga menjelaskan, ASEAN di bawah keketuaan Indonesia telah menjalin banyak kerja sama dengan Australia dan India.

“Australia adalah anggota PIF (Pacific Island Forum). Kami bertiga adalah anggota IORA (Indian Ocean Rim Association). Saya juga sudah mendapat dukungan dari rekan-rekan saya (Menlu Asia Tenggara) tentang kerja sama sekretariat-ke-sekretariat antara ASEAN-PIF dan ASEAN-IORA,” kata Retno.

“Ini adalah kontribusi lain Indonesia untuk menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai dan sejahtera, serta melibatkan mitra secara inklusif,” ucap dia.

Baca Juga: Menlu RI: Soal Myanmar, Lima Poin Konsensus Jadi Prioritas ASEAN

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya