Indonesia Hibahkan Lapangan Futsal untuk Kepulauan Solomon 

RI tawarkan ahli untuk bantu pembangunan Solomon

Jakarta, IDN Times - Usai mengunjungi Fiji, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melanjutkan kunjungannya ke Honiara, Kepulauan Solomon. Kunjungan Retno ini merupakan yang kedua kalinya ke negara tersebut setelah kunjungan pertama pada 2015 silam.

Menlu Retno disambut oleh Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Menteri Luar Negeri, dan wakil diaspora Indonesia di Solomon.

Baca Juga: Perkuat Peran Indonesia di Pasifik, Menlu Retno Kunjungi Fiji-Solomon

1. Menlu Retno resmikan lapangan futsal hibah dari Indonesia

Bersama dengan Perdana Menteri Solomon Manasseh Sogavare, Menlu Retno meresmikan Friendship Hall atau lapangan futsal multiguna, yang merupakan hibah pemerintah Indonesia kepada pemerintah dan rakyat Kepulauan Solomon.

“Atas nama pemerintah Indonesia, saya telah menyerahterimakan salah satu proyek kerja sama pembangunan yaitu pembangunan lapangan futsal,” kata Menlu Retno dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/9/2022).

Lapangan futsal itu sendiri dibangun oleh BUMN Indonesia yaitu WIKA.

2. Simbol persahabatan Indonesia dan Solomon

Ada tiga makna dalam hibah lapangan futsal ini, antara lain simbol harapan dan optimisme, karena lapangan futsal ini dibangun saat pandemik COVID-19.

“Simbol persahabatan antara rakyat Indonesia dan Kepulauan Solomon. Bangunan ini dikerjakan bersama oleh putra-putri Indonesia dan putra-putri Kepulauan Solomon,” ungkap Menlu Retno lagi.
 
Menlu Retno menambahkan, simbol kesempatan dan masa depan juga ada dalam lapangan futsal ini. Indonesia ingin kemitraan dengan kawasan Pasifik adalah sebuah kesempatan untuk membangun masa depan bersama melalui kerja sama yang didasari pada rasa saling percaya dan saling menghormati.

3. Indonesia menawarkan bantuan ahli untuk pembangunan Solomon

Selain itu, Menlu Retno juga menawarkan ahli swasta dan BUMN Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi, termasuk pembangunan infrastruktur di Kepulauan Solomon.

“Kami juga berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara yang juga menunjukkan tren positif, terutama tahun lalu,” ucap Menlu Retno.

Beberapa prioritas kerja sama pembangunan antara Indonesia dan Solomon yang dibahas antara lain di bidang climate change, fisheries. Kedua negara juga sepakat untuk merancang sebuah blue print kerja sama pembangunan agar kerja sama lebih terarah.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya