Indonesia Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Shinzo Abe

Menlu Retno Marsudi sebut Abe berdedikasi ke rakyat Jepang.

Jakarta, IDN Times - Indonesia menyampaikan duka cita terkait kabar meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Ucapan ini disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

"Saya baru saja menerima kabar duka dari Tokyo, atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Saya ingin menyampaikan simpati dan belasungkawa yang terdalam dari pemerintah dan rakyat Indonesia, kepada pemerintah dan rakyat Jepang, pada saat duka ini," kata Menlu Retno, dalam pernyataannya yang diterima IDN Times, Jumat (8/7/2022).

"Dedikasinya untuk melayani negara dan rakyatnya, akan selalu dikenang sebagai contoh utama bagi semua," lanjut dia.

Abe meninggal usai ditembak tepat di dada dan leher saat berpidato di Prefektur Nara hari ini. Pihak rumah sakit menyatakan Abe meninggal karena kehilangan banyak darah.

Kepolisian Jepang dilaporkan telah menahan pria berusia 44 tahun bernama Tetsuya Yamagami. Dia merupakan pelaku penembakan Abe di Nara.

Tetsuya merupakan mantan anggota pasukan pertahanan Angkatan Laut Jepang. Saat ini, dia masih diselidiki oleh kepolisian Jepang terkait aksinya.

Sejumlah saksi yang merupakan jurnalis dari NHK, Japan Times, dan Kyodo News, mengaku mendengar tembakan sebanyak dua kali.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya