Indonesia Siap Bantu Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN 

Keanggotaan Timor Leste dibahas di KTT ASEAN Labuan Bajo

Jakarta, IDN Times - Indonesia siap membantu Timor Leste agar segera mendapat status keanggotaan penuh ASEAN. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Sidharto Suryodipuro.

Sebelumnya, Timor Leste saat ini harus memenuhi beberapa tahapan agar bisa mendapat keanggotaan penuh, termasuk perjanjian atau traktat yang ada di pilar politik keamanan, ekonomi dan sosial budaya.

“Indonesia siap membantu Timor Leste untuk memenuni tahapan-tahapan tersebut dengan mendatangkan sejumlah pegawai negeri sipil Timor Leste untuk belajar ke Indonesia,” kata Arto, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers di Labuan Bajo, Senin (8/5/2023).

1. PNS Timor Leste bakal magang di Kemlu RI

Indonesia Siap Bantu Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN Ilustrasi Gedung Pancasila di Kementerian Luar Negeri (www.kemlu.go.id)

Arto menambahkan, 30 PNS Timor Leste ini nantinya bakal berpartisipasi di berbagai kementerian di Indonesia, terutama yang akan menyelenggarakan pertemuan terkait ASEAN.

“Beberapa PNS Kemlu Timor Leste nantinya akan magang di Kemlu RI, demikian juga dengan pegawai dari kementerian terkait Timor Leste yang akan ditempatkan di kementerian Indonesia,” ujar Arto.

“Harapan kami ini akan membantu upaya mereka dan memahami berbagai kewajiban yang ada di dalam perjanjian,” lanjut dia.

Baca Juga: Jelang KTT ASEAN, Timor Leste Perdana Ikut Sidang Pilar Sosial-Budaya

2. Kehadiran Timor Leste di ASEAN 2023

Indonesia Siap Bantu Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Timor Leste Adaljuza Albertina Xavier Reis Magno. (IDN Times/Sonya Michaella)

Kehadiran Timor Leste juga sudah dimulai sejak pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di Jakarta, Februari 2023 lalu.

Saat itu, Menteri Luar Negeri Timor Leste hadir sebagai observer, sesuai dengan status yang diberikan saat KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, tahun lalu, sambil menunggu proses keanggotaan penuh.

3. Kelompok kerja ACC untuk memetakan keanggotaan Timor Leste

Indonesia Siap Bantu Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN Menlu ASEAN di ASEAN Coordinating Council, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Para Menlu ASEAN juga telah mengesahkan mandat berupa kelompok kerja di bawah ASEAN Coordinating Council atau ACC yang akan bertugas membahas peta jalan untuk keanggotaan penuh Timor Leste.

Keanggotaan Timor Leste juga bakal menjadi salah satu isu yang dibahas di KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

 

Baca Juga: Timor Leste Didorong Segera Jadi Anggota ASEAN 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya