Indonesia Usulkan Langkah Hentikan Konflik Gaza, Apa Saja?

Salah satunya adalah mengatasi akar konflik Palestina-Israel

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, memaparkan tiga plus satu langkah konkret yang harus PBB dan dunia lakukan untuk menghentikan eskalasi di Jalur Gaza.

“Pertama, menghentikan agresi untuk mencegah terus berjatuhannya korban sipil. SMU PBB harus mendesak segera dilakukan gencatan senjata yang bisa bertahan lama dan dipatuhi. Kita juga harus bisa mencegah kejadian serupa terulang di kemudian hari,” kata Retno, dalam Sidang Darurat SMU PBB soal Palestina, di Markas Besar PBB, Amerika Serikat (AS), Jumat (27/10/2023).

“Untuk itu, SMU PBB harus meminta pertanggungjawaban terhadap Israel, termasuk dengan membentuk komisi penyelidikan independen untuk menyelidiki serangan Israel terhadap rumah sakit dan tempat ibadah dan pengusiran masal warga sipil di Gaza,” lanjut dia.

1. Akses bantuan kemanusiaan ke Gaza segera dibuka

Indonesia Usulkan Langkah Hentikan Konflik Gaza, Apa Saja?Gedung-gedung yang hancur akibat serangan Pendudukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil Palestina di Gaza di utara Kamp Jabalia, utara wilayah Al-Sikka, Rabu (11/11/2023). (dok. Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP))

Retno kembali menyampaikan bahwa akses bantuan kemanusiaan dan perlindungan warga sipil harus diutamakan.

“Indonesia mendesak SMU PBB dan Badan-Badan PBB yang relevan untuk meningkatkan upaya penyediaan bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza. Upaya bantuan kemanusiaan yang dilakukan oleh Sekjen PBB dan negara-negara kunci juga harus didukung.Menilik magnitudo kerusakan yang ditimbulkan, bantuan yang ada saat ini masih jauh dari cukup,” ujar Retno.

“Oleh karena itu SMU PBB harus mendesak pengiriman segera bantuan kemanusiaan yang lancar dan berkelanjutan. Indonesia akan meningkatkan tiga kali lipat kontribusi suka rela melalui UNWRA dan menyerukan komunitas internasional untuk mendukung UNWRA. Indonesia juga berkomitmen mengirim bantuan kemanusiaan,” sambungnya.

2. Tolak pemindahan secara paksa warga sipil dari Gaza

Indonesia Usulkan Langkah Hentikan Konflik Gaza, Apa Saja?Menlu Retno Marsudi di DK PBB, AS. (dok. Kemlu RI)

Seruan Israel untuk pergi dari Gaza Utara memperparah kondisi mereka yang rumahnya telah dihancurkan dan akses terhadap listrik, gas, bahan bakar dan air dibatasi.

“Ini merupakan kejahatan kemanusiaan. SMU PBB harus mendesak dihentikannya perintah evakuasi oleh Israel. Warga sipil, khususnya anak-anak, harus dilindungi dan diberikan ruang gerak yang aman,” kata Retno lagi.

3. Mengatasi akar konflik Palestina dan Israel

Indonesia Usulkan Langkah Hentikan Konflik Gaza, Apa Saja?ilustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

Yang terakhir adalah sesegera mungkin mengatasi akar konflik dari Palestina dan Israel serta menerapkan Two State Solutin atau Solusi Dua Negara.

“Untuk itu, proses perdamaian untuk mewujudkan solusi dua-negara harus dimulai kembali. Upaya sistematis Israel untuk membuat negosiasi jadi tidak relevan harus dihentikan. Jangan sampai rakyat Palestina tidak lagi memiliki pilihan selain menerima ketidakadilan seumur hidup mereka. Menjadi tugas kita untuk menghentikan ketidakadilan ini. Indonesia siap dan akan menjalankan perannya. Indonesia akan terus Bersama rakyat Palestina,” beber Retno menegaskan.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya