Jepang Bakal Hibah Kapal Patroli ke Bakamla

Hibah akan dilaksanakan 2-3 tahun mendatang

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Jepang memberikan hibah satu unit kapal patroli untuk Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. Menurut Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masasi Yasushi, kerja sama ini terjadi lantaran melihat dua negara dikelilingi oleh laut.

“Tidak hanya hibah kapalnya tapi juga transfer teknologinya. Kapal akan dihibahkan sekitar dua hingga tiga tahun ke depan,” kata Yasushi, dalam jumpa pers di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Yasushi juga menegaskan bahwa kapal yang dihibahkan nanti adalah kapal produksi baru, bukan bekas.

1. Maritim jadi salah satu fokus Jepang membangun kerja sama dengan Indonesia

Jepang Bakal Hibah Kapal Patroli ke BakamlaDuta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Yasushi mengungkapkan bahwa maritim juga menjadi salah satu fokus kerja sama Jepang dengan Indonesia.

“Kerja sama maritim juga penting, dan kita mau membangun itu lebih luas lagi. Diharapkan hibah kapal ini bisa memperkuat kemampuan penegakan hukum maritim Bakamla serta menjawab tantangan kawasan Asia,” tutur dia.

Rencana hibah ini juga sempat diungkap oleh Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo saat menghadiri KTT 50 Tahun ASEAN-Jepang di Tokyo, akhir tahun lalu.

 

Baca Juga: Dari Jepang, Jokowi Bawa Pulang Kapal untuk Bakamla dan Komitmen MRT

2. Jepang bakal memperkuat kerja sama dengan pemerintahan baru

Jepang Bakal Hibah Kapal Patroli ke BakamlaGibran unggah foto berpelukan dengan Prabowo di Kertanegara (instagram.com/gibran_rakabuming)

Di sisi lain, Yasushi mengatakan bahwa Jepang bakal memperkuat kerja sama bilateral dengan pemerintahan baru Indonesia nanti, yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto.

“Kita tentu akan bekerja untuk memperdalam serta meningkatkan kerja sama bilateral dua negara, Jepang dan Indonesia. Saya yakin bahwa presiden terpilih, Prabowo Subianto mampu mengemban tugas barunya, Oktober nanti,”kata Yasushi.

3. PM Fumio Kishida telepon Prabowo ucapkan selamat

Jepang Bakal Hibah Kapal Patroli ke BakamlaPerdana Menteri Jepang, Fumio Kishida. (twitter.com/kantei)

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Indonesia 2024. Selama kurang lebih 10 menit dalam percakapan telepon, Kishida menyatakan ingin terus bekerja sama agar semakin meningkatkan hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Kishida juga menyampaikan bahwa Jepang dan Indonesia merupakan mitra strategis komprehensif yang berbagi prinsip dan nilai fundamental yang sama, yang juga memiliki hubungan bersejarah di berbagai bidang.

Kishida juga menyampaikan keinginannya untuk mendorong secara tegas berbagai kerja sama di bidang seperti pembangunan infrastruktur, lingkungan dan energi, pembinaan SDM, serta pertahanan dan keamanan serta juga bekerja sama dalam menangani situasi regional maupun internasional.

 

Baca Juga: Jokowi Lantik Kepala Bakamla dan Kepala Badan Karantina Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya